Balai KSDA NTB dalam Peringatan Coral Triangle Day di Pantai Mapak

Jumat, 14 Juni 2019

Rabu, 12 Juni 2019. Balai KSDA NTB turut hadir dalam Kegiatan Peringatan Coral Triangle Day yang jatuh pada 9 Juni lalu yang juga bertepatan dengan Perayaan Hari Lebaran Topat di Pantai Mapak, Lombok Barat.

Acara digagas oleh Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Wilayah Kerja NTB juga mendapat dukungan dari PT. PLN (Persero), TNI Angkatan Laut, Balai KSAD NTB, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, Wildlife Conservation Society (WCS), World Wide Fund for Nature (WWF) dan Para Mahasiswa Universitas Mataram Jurusan Konservasi Sumber Daya Perikanan. Pantai Mapak, Kelurahan Jempong Baru, Mataram ini dipilih sebagai lokasi acara karena merupakan pantai yang aktif didarati penyu untuk bertelur.

Peringatan mendukung tema "Corals of Change: Paving Way for Gender Equality in Coral Triangle" (Karang Perubahan: Kesetaraan Gender di Kawasan Segitiga Karang) yang sekaligus menyambut Hari Penyu Dunia ( World Sea Turle Day) 16 Juni 2019 mendatang. Beberapa Agenda Kegiatan yakni bersih pantai dari sampah plastik, sosialisasi biota laut, lomba mewarnai dan menggambar untuk anak sekolah serta pelepasan tukik dan tagging dua ekor Indukan Penyu.

Balai KSDA NTB pun menggunakan peringatan kali ini untuk sosialisasi jenis-jenis Penyu yang dilindungi serta pentingnya menjaga kelestarian biota laut yang juga menjadi sumber penghidupan masyarakat disekitar Pantai Mapak. Selain itu, Balai KSDA NTB juga melakukan tagging terhadap dua ekor indukan Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) yang pada malam sebelumnya didapati bertelur dan dipindahkan sementara ke Sarang Semi-Alami milik Pelestari Penyu di Pantai Mapak. Proses Tagging dua ekor indukan penyu (No. Tagging 0000055NTB dan 0000056NTB) dilakukan oleh Bapak  Ir. Ari Subiantoro, M.P. selaku Kepala Balai KSDA NTB dan Bapak Musliman, S.H. selaku Kapten Laut (P) KAURBINPUAN POTMAR LANAL TNI Angkatan Laut. Usai tagging, kedua indukan penyu langsung dilepasliarkan kembali ke laut yang disaksikan beramai-ramai oleh para pengunjung pantai.

Tak hanya itu, Kelompok Pelestari Penyu binaan Balai KSDA NTB "Kerabat Penyu Lombok" juga turut menghadirkan 30 ekor tukik untuk dilepasliarkan oleh peserta kegiatan dan juga bersama masyarakat. Acara ditutup dengan aksi bersih pantai dari sampah plastik bersama masyarakat serta Mahasiswa Universitas Mataram.

Sebagai Informasi, Coral Tirangle Day adalah Hari Peringatan Kawasan Segitiga Terumbu Karang (Coral Tirangle) yang membentang seluas enam juta kilometer persegi di enam negara yakni Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan  Indonesia. Kawasan ini menjadi sumber utama penghidupan dan  pangan bagi masyarakat di sekitarnya dan memiliki peran penting bagi ekosistem di bumi. Perayaan ini sejatinya jatuh pada tanggal 09 Juni setiap tahunnya yang sekaligus menjadi ajang kampanye untuk penyadartahuan publik dan terlibat aktif dalam upaya perlindungan kawasan Segitiga Terumbu Karang yang memiliki keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia.

 

Sumber: Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini