Rescue Orangutan Sumatera Terisolir

Kamis, 13 Juni 2019

Medan, 28 Mei 2019. P  Tim gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan HOCRU Orangutan Information Center (OIC) telah melakukan rescue terhadap 1 individu Orangutan Sumatera  yang terisolir di perladangan karet milik masyarakat di Dusun 8 Desa Sei Litur Tasik Kecamatan Sawit Seberang Kabupaten Langkat pada hari Sabtu 25 Mei 2019 silam.

Orangutan Sumatera (Pongo abelii) terisolir di perladangan yang dapat membahayakan keselamatan Orangutan serta kekhawatiran menimbulkan kerugian dan kekhawatiran bagi masyarakat sekitar perladangan.  Hasil observasi diduga ada 2 individu Orangutan Sumatera yang terisolir di areal perladangan tersebut. Rescue  terhadap Orangutan dilakukan pada pukul 13.30 Wib dengan cara melakukan pembiusan dengan senjata bius.

Selanjutnya, tenaga medis dari OIC melakukan pemeriksaan kesehatan Orangutan Sumatera dan dinyatakan sehat serta tidak ditemukan adanya luka-luka atau malfungsi lainnya di bagian tubuh. Perilakunya juga masih liar seperti orangutan pada umumnya sehingga masih memungkinkan untuk translokasi kehabitat alaminya.

Tim berkoordinasi dengan Kepala Seksi PTN 5 Besitang, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), lokasi translokasi direkomendasikan di Hutan Restorasi Resort Cinta Raja, TN. Gunung Leuser. Selanjutnya tim menuju lokasi membawa Orangutan dengan kandang transport, dan pada pukul 18.00 Orangutan langsung dilepasliarkan.

Di perladangan karet masyarakat tempat terisolirnya Orangutan sampai saat ini masih dilakukan monitoring untuk mengamankan kemungkinan terdapatnya individu Orangutan lainnya di lokasi tersebut.

Sumber : Herbert Aritonang - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

WhatsApp Image 2019-05-28 at 15.40.44 (1).jpeg

Tim di lokasi pelepasliaran Orangutan

WhatsApp Image 2019-05-28 at 15.40.47 (1).jpeg

Orangutan Sumatera dilepasliarkan dibawa menggunakan Kandang transpor Orangutan

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini