Audiensi Balai TN. Aketajawe Lolobata dengan Pemda Halmahera Tengah

Kamis, 16 Mei 2019

Sofifi, 16 Mei 2019. Setelah kegiatan dialog bersama di Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dilaksanakan, selanjutnya kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan di Kabupaten Halmahera Tengah (13/05). Audiensi ini bertujuan untuk melakukan sinergitas program kegiatan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) khususnya pada wilayah Resort Akejira.

Audiensi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Halteng dan di pimpin langsung oleh Saiful Samad, selaku Sekretaris Daerah. Peserta audiensi antara lain beberapa Kepala Dinas, Burung Indonesia dan Balai TNAL yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Weda, Raduan dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Lilian Komaling.

Balai TNAL melakukan paparan pertama. Paparan tersebut menjelaskan tentang tupoksi taman nasional, dasar hukum, penunjukan dan penetapan, zonasi, serta program kegiatan pemberdayaan masyarakat pada wilayah kerja Resort Akejira.

Raduan juga menyebutkan bahwa terdapat rencana aksi jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh SPTN Wilayah I Weda pada wilayah kerjanya.

Setelah paparan dari Balai TNAL, paparan dilanjutkan oleh Vivin Widyasari dari Burung Indonesia. Vivin menyebutkan bahwa fokus kerja Burung Indonesia berada pada kawasan Wallacea. Hal ini dikarenakan kawasan Wallacea memiliki keragaman endemis yang tinggi. Setelah paparan tersebut dilakukan dialog bersama.

Hasil dari audiensi tersebut salah satunya adalah mengetahui model pengelolaan bersama dalam mengembangkan desa-desa penyangga kawasan TNAL beik berupa pemberdayaan masyarakat maupun pengembangan potensi wisata alamnya. Pemda Halmahera Tengah dalam diskusinya mendukung setiap kegiatan Balai TNAL dalam melakukan pemberdayaan masyarakat di wilayah Halmahera Tengah.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini