Kunjungan Direktorat KK untuk Kemitraan Konservasi TN. Aketajawe Lolobata

Kamis, 16 Mei 2019

Sofifi, 16 Mei 2019. Kemitraan Konservasi merupakan salah satu program Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan akses kepada masyarakat terhadap Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di dalam kawasan konservasi, seperti pada Zona Tradisional di kawasan taman nasional dengan dokumen Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) telah melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan masyarakat sekitar kawasan. Diantaranya adalah dengan kelompok petani damar di Desa Bukit durian dan Desa Gosale. Potensi HHBK berupa getah damar dari pohon Agathis di dalam kawasan TNAL telah menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat ke dua desa tersebut.

Kemarin (15/05), Direktorat Kawasan Konservasi melakukan bimbingan teknis kemitraan konservasi terhadap para penyuluh kehutanan dan pejabat fungsional lainnya di Ruang Rapat Balai TNAL, di Sofifi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi tambahan terkait pelaksanaan teknis kemitraan konservasi bagi petugas lapangan Balai TNAL. Kegiatan ini juga menjadi bahan informasi bagi Direktorat Kawasan Konservasi tentang tantangan yang dihadapi oleh petugas TNAL selama melaksanakan kemitraan konservasi bersama masyarakat.

“Kami senang bisa diskusi dengan penyuluh dan petugas lapangan lainnya tentang kemitraan konservasi ini, karena dengan pertemuan seperti ini kami jadi mengetahui kendala dan tantangan petugas lapangan”, tutur Ibu Sri Lestari Indriani, Kepala Seksi Bina Zona Pemanfaatan Tradisional.

Sampai berita ini di tulis (16/05), Ibu Cici, sapaan Ibu Sri Lestari Indriani dan Bapak Aswan masih melakukan diskusi bersama kedua kelompok petani getah damar di ruang rapat Balai TNAL. Diskusi tersebut didampingi oleh penyuluh kehutanan Balai TNAL dan dihadiri oleh Kepala Balai TNAL dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini