Upaya Zero burning TN Matalawa

Waingapu, 15 Mei 2019. Peralihan musim dari musim hujan menjadi kemarau sudah mulai terasa di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) sejak beberapa hari yang lalu. Tingkat kerawanan kebakaran hutan dan lahan pun ikut meningkat seiring mengeringnya padang savana pada beberapa bagian blok hutan di TN Matalawa.

Kepala Balai TN Matalawa dalam rapat sebelumnya mencanangkan bahwa pada tahun 2019 ini kawasan TN Matalawa harus sudah ‘zero burning’. Segala upaya wajib ditempuh untuk mewujudkan target ini terutama dalam hal pencegahan. Resort dengan tingkat kerawanan kebakaran yang tinggi, yaitu Resort Taman Mas, Tanah Daru, Kambatawundut, dan Tawui sudah mulai bergerak melakukan komunikasi dengan masyarakat yang tinggal di pinggir kawasan.

Para Kepala Resort yang bertugas di masing-masing resort yaitu Djilik Ay (Tanah Daru), Gaudencio (Taman Mas), Kristoforus (Kambatawundut), dan Suyatno (Tawui) mengajak seluruh anggotanya untuk turun ke dusun dan berkomunikasi dengan tokoh masyarakat. Selain itu, mereka juga turun ke lapangan untuk melakukan pemutakhiran data lokasi rawan kebakaran.

 

Sumber: Balai TN Matalawa

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini