TN Meru Betiri Studi Banding Ke Rumah Jamur Zahra

Jember, 23 April 2019. SPTN Wilayah III kalibaru TN Meru Betiri (MerBeti) melakukan studi banding budidaya jamur di Rumah Jamur Zahra, Ambulu Jember. kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Budidaya Jamur SPKP Multi Kreasi Sejahtera Desa Kebonrejo Kalibaru yang diwakili 3 orang didampingi oleh 2 orang petugas TN MerBeti.

Kegiatan dimulai dengan diskusi tentang asal mula budidaya jamur yang dilakukan oleh Ibu Siti Mahmuda (pemilik Rumah Jamur Zahra) dilanjutkan dengan melihat proses pembuatan baglog yang sudah menggunakan alih teknologi dengan alat press baglog mesin. Kreativitas, semangat, dan motivasi yang tinggi menjadi kunci suksesnya budidaya jamur yang telah dilakukan sejak tahun 2012 ini. Budidaya jamur yang dilakukan antara lain dari pembuatan bibit jamur, pembuatan baglog, penjualan jamur tiram putih dan cokelat, hingga olahan jamur seperti jamur crispy dan nugget jamur.

 

Peserta studi banding melihat proses produksi, alat-alat yang digunakan antara lain mixer, alat press, autoclave dan lainnya. Pada kesempatan ini, peserta berkesempatan belajar langsung cara membuat F0 bibit jamur.

Kesukseskan yang diraih Ibu Siti Mahmuda tidak hanya dirasakannya sendiri, kebahagiaan ketika bisa berbagi ilmu dan rezeki dengan masyarakat sekitar membuat usaha budidaya jamurnya juga membawa berkah bagi diri dan keluarga serta masyarakat sekitar. Semoga ilmu yang didapatkan kali ini bisa diterapkan di Kalibaru sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan TN Merbeti.

 

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini