Semarak Peringatan HPSN Di TWA Pananjung Pangandaran Dan TWA Linggarjati

Bandung – 21 Februari 2019, Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Balai Besar KSDA Jawa Barat kembali gelar Aksi Bersih-Bersih Taman WIsata Alam (TWA). Kali ini, TWA yang menjadi sasaran aksi adalah TWA Pananjung Pangandaran dan TWA Linggarjati.

Aksi bersih-bersih di TWA Pananjung Pangandaran dimotori oleh Resor Pangandaran, SKW VI Tasikmalaya, Bidang KSDA Wilayah III Ciamis. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2019 ini melibatkan banyak pihak di antaranya Dinas Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Kepolisian, TNI, HNSI, Politeknik, siswa-siswi SMK, ibu-ibu klub senam, Kecamatan Pangandaran dan  Perum Perhutani. Pada acara yang dilaksanakan cukup semarak ini berhasil dikumpulkan sebanyak 9 karung sampah plastic.

Di TWA Linggarjati, aksi bersih-bersih juga tidak kalah semaraknya. Acara yang dinisiasi oleh Resor Cirebon, SKW VI Tasikmalaya, Bidang KSDA Wilayah III Ciamis ini juga melibatkan pihak pihak lain seperti pimpinan dan karyawan PT Linggarjati Wigena serta para pedagang yang berada di sekitar TWA Linggarjati. Pada kegiatan yang juga dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2019 ini berhasil dikumpulkan sampah plastik sebanyak 3 karung berukuran 50 kg yang lansung diangkut ke tempat pembuangan sampah Kabupaten Kuningan. Sementara untuk sampah organik ditimbun ke dalam bak dengan ukuran 2,8 x 2,3 x 1,5 M. Rencananya kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional di TWA Linggarjati dilanjutkan pada hari jum’at dengan membersihkan aliran sungai dan bangunan objek wisata.

Melalui aksi bersih-bersih yang dilakukan ini, diharapkan agar setiap pelaku wisata maupun para wisatawan memiliki kesadartahuan yang tinggi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sehingga tercipta kawasan TWA Pananjung Pangandaran maupun TWA Linggarjati sebagai tempat rekreasi yang sehat, bersih, aman dan nyaman.

(HUMAS BBKSDA JABAR)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini