Penguatan Fungsi TN Bunaken Dengan Menanam 2000 Bibit Mangrove Bersama Stakeholder

Manado, 19 Februari 2019. Grand Luley Hotel Manado sebagai salah satu mitra kerja sama penguatan fungsi pengelolaan Taman Nasional Bunaken melaksanakan penanaman mangrove dengan melibatkan Kelompok Tani Tunas Baru Bahowo, bersama Balai Taman Nasional Bunaken yang berlokasi di sekitar dermaga Grand Luley, Kelurahan Tongkaina, Kota Manado.

Penanaman sebanyak 2.000 bibit mangrove dengan jenis antara lain Rhizopora Sp., Ceriops tagal dan Bruguirea Sp. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan program kerja tahunan kerjasama antara Grand Luley dengan Balai Taman Nasional Bunaken dalam rangka Penguatan Fungsi Kawasan Taman Nasional Bunaken.

Pada kesempatan tersebut, Manager dive Grand Luley Anwar Pataria menyampaikan dipilihnya kegiatan penanaman mangrove ini sebagai upaya peningkatan jasa lingkungan penyerapan karbon, karena vegetasi mangrove terkenal memiliki serapan karbon yang tinggi. “Harapannya, kegiatan ini dapat diikuti oleh perusahaan lain agar kondisi pesisir sekitar Kota Manado ini menjadi lebih baik.

Kegiatan penanaman mangrove yang diikuti oleh Kelompok Tani Tunas Baru Bahowo karenakan telah memiliki pengetahuan pengelolaan mangrove dalam Mangrove Park Bahowo. “Untuk itu pelibatan dilakukan sejak penyiapan bibit, penanaman, hingga pemeliharaan ke depan ujar Anwar Pataria.

Kelompok Tani Tunas Bahowo Novanti Loho sendiri menyampaikan sangat antusias dalam kegiatan penanaman mangrove ini. Karena dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat mangrove. Selain itu, Novanti juga berharap mangrove yang ditanam dapat tumbuh dengan baik agar kawasan menjadi lebih lestari.

Sumber : Adi Tri Utomo, S.Hut - PEH pada Balai Taman Nasional Bunaken

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini