Kunjungan Kerja Komisi IV DPR-RI ke Sumatera Utara

Medan, 19 Februari 2019. Dalam rangka  Reses Masa Persidangan III Tahun Sidang 2018-2019, Dewan Perwakilan  Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melalui Komisi IV (Bidang Pertanian, Kehutanan, Kelautan dan Perikanan, Perum Bulog dan Dewan Kelautan Indonesia) melakukan Kunjungan Kerja ke Propinsi Sumatera Utara, pada Kamis, 14 Februari 2019.

Dalam agenda kerjanya Tim Komisi IV ini melakukan kunjungan ke beberapa tempat/lokasi, seperti  launching sistem xray karantina pertanian di bandara Kuala Namu, stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Belawan,  dan Gudang Bulog di Medan.

Seyogianya, Tim Komisi IV juga menjadwalkan kunjungan ke Lembaga Konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara Rahmat Galery untuk melihat hasil tangkapan kulit harimau dan macan dahan di lembaga konservasi tersebut. Namun mengingat waktu yang sangat terbatas kunjungan tersebut dibatalkan.

Atas inisatif Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc. For., yang turut mendampingi Tim Komisi IV, kulit Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dan kulit Macan Dahan (Neofis diardi)   hasil tangkapan dari operasi gabungan Polda Sumut dan Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diperjualbelikan/ diperdagangkan secara on-line, dibawa ke lokasi kunjungan anggota dewan di Gudang Bulog Pulo Brayan Darat I Sub Divre Medan, untuk diperlihatkan.

Ketua Tim rombongan Komisi IV DPR-RI, Drs. H. Roem Kono, yang juga sebagai  Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI , dalam sambutannya mengatakan, bahwa masalah yang sering terjadi saat ini adalah penjarahan satwa liar di bidang kehutanan dan kelautan, termasuk memperjualbelikan satwa sampai bertriliun.

“Untuk itu jangan sampai kekayaan alam kita dibuang begitu saja, dan kami dari Komisi IV DPR-RI mendorong semua instansi pemerintah terkait agar mengikuti perkembangan teknologi termasuk yang  terbaru.  Jangan segan-segan mengeluarkan uang untuk mengefektifkan dan memaksimalkan pengawasan seluruh kawasan yang begitu luas,” ujar Roem Kono. Harapannya kedepan tidak ada lagi kehilangan kekayaan keanekaragaman hayati kita baik dihutan maupun di laut, imbuhnya.

Tim Komisi IV DPR RI yang berjumlah 4 (empat) orang, berasal dari beberapa fraksi di DPR RI, seperti Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKS dan Fraksi Hanura. Tim ini didampingi pejabat eselon I Kementerian LHK,  Ir. Laksmi Dhewanti, MA., Staf Ahli Menteri LHK Bidang Industri  dan Perdagangan dan dari Kesekretariatan DPR RI.

Sumber : Nofri Yeni - PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 
KUNKER3

Kulit Harimau Sumatera dan Kulit Macan Dahan

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini