Semangat KTH Hejo Cipruk Di Awal Tahun 2019

Cianjur, 21 Januari 2019. Mengawali tahun 2019 pada hari Rabu, 16 Januari 2019, KTH Hejo Cipruk mengadakan pertemuan di sekretariat kelompok yaitu di Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Kabupaten Cianjur. Pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Resort PTN Tegallega, Penyuluh Kehutanan Bidang PTN Wilayah I Cianjur - TNGGP, pengurus, dan anggota kelompok. Tujuan pertemuan kali ini adalah untuk melakukan evaluasi kegiatan kelompok tahun 2017 s.d 2018, membahas rencana kegiatan kelompok tahun 2019, serta penataan kembali kepengurusan kelompok.

Pertemuan di mulai pukul 14.20 WIB dengan pembahasan pertama yaitu evaluasi kegiatan tahun 2017 sampai 2018. Penyuluh Kehutan Bidang PTN Wilayah I Cianjur - TNGGP selaku salah satu pendamping KTH membagikan kuisioner evaluasi ke seluruh anggota yang hadir. Dari hasil evaluasi melalui kuisioner dapat diketahui bahwa pada umumnya masyarakat tergabung dalam KTH Hejo Cipruk sejak tahun 2016 tersebut telah banyak mendapatkan manfaat. Beberapa manfaat yang diperoleh yaitu, selain meningkatnya pengetahuan dan kesadaran para anggota dalam menjaga kelestarian kawasan TNGGP juga meningkatnya keterampilan serta pendapatan anggota.  Sehingga hal tersebut memotivasi mereka untuk aktif berperan serta dalam kegiatan konservasi.

Pertemuan dilanjutkan dengan pembahasan rencana kegiatan KTH Hejo Cipruk tahun 2019. Terkait rencana kegiatan 2019, telah ada bahan acuan yaitu Rencana Lima Tahun (RPL) Kelompok Tani Hutan Hejo Cipruk Desa Gekbrong Periode 2016 – 2020. Rencananya pada tahun 2019, selain pertemuan rutin kelompok terdapat kegiatan lainnya yaitu memperluas network dengan cara menjalin kemitraan dengan pihak-pihak terkait (Pemerintah Daerah, swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan pihak lainnya); pelatihan pemberdayaan masyarakat (pembuatan pupuk hidroponik); pelatihan/ kursus tani pemberdayaan masyarakat (pembuatan bubuk paprika); pengembangan kegiatan alternatif ekonomi berupa pengembangan sarana dan prasarana pemasaran produk; pembentukan koperasi; dan pelatihan/ kursus tani pemberdayaan masyarakat bidang konservasi.  Selain itu, di luar rencana yang ada di dalam RPL, KTH Hejo Cipruk  berencana akan melaksanakan kegiatan bakti sosial pasca panen dan pembuatan paket wisata berbasis masyarakat.

Kemudian terkait penataan kepengurusan kelompok, sebagaimana agenda pertemuan, disepakati bahwa susunan kepengurusan KTH Hejo Cipruk terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Koordinator Program, Koordinator Humas, Koordinator Budidaya, dan Koordinator Simpan Pinjam. Adanya perubahan nama ketua KTH yang awalnya dijabat oleh Uden Suherlan, mulai periode tahun 2019 diganti ketua terpilih yaitu Sayo Sydaryo.  Ketua KTH Hejo Cipruk yang baru menyampaikan bahwa seluruh anggota agar meningkatkan kerjasama dan kekompakan dalam mengembangkan kelompok, memperluas penyebaran informasi ke masyarakat Desa Gekbrong untuk tergabung dalam kelompok, dan memperluas informasi terkait kelestarian kawasan TNGGP.

Dalam arahannya mewakili Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Agus Suprayogi selaku Kepala Resort PTN Tegalega menyampaikan bahwa agar kelompok selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Balai Besar TNGGP dalam hal ini melalui Resort PTN Tegallega dan juga dengan Pemerintah Desa. Selain itu diharapkan KTH Hejo Cipruk dapat meningkatkan peran dalam upaya konservasi, serta memperluas penyebaran informasi terkait kelestarian TNGGP.

Sumber : Febriyani, S.Hut. – Penyuluh Kehutanan pada Bidang PTN Wilayah I, Balai Besar TNGGP

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini