Bergerak Bersama Tutaskan Sampah Kiriman di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan, 17 Januari 2019. Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB) bersama para pihak dan pemangku kepentingan pengelolaan wisata melakukan kegiatan aksi bersih (clean up) di Obyek Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Pulau Menjangan. Kegiatan ini merupakan gerakan sosial dalam penanganan sampah kiriman yang volumenya meningkat pada saat musim hujan. Selain itu, aksi bersih juga dilakukan sebagai ajang kampanye penyadaran kepada para wisatawan, pengunjung pura (pemedek) dan masyarakat tentang pentingnya menjaga kawasan Pulau Menjangan dan perairannya dari permasalahan sampah plastik.

Para pihak yang terlibat dalam aksi bersih ini terdiri atas komunitas dan kelompok masyarakat di sekitar Pulau Menjangan, antara lain Kelompok Pemandu, Friends of Menjangan-Biosphere Foundation, Pokdarwis Segara Indah, NCF Putri Menjangan, Kelompok Nelayan Banyumandi, Badan Pengelola Labuan Lalang, Pesona Bahari Banyuwangi, Clean Menjangan Island, Pengempon Pura, Bank Sampah Nusa Menjangan serta Bali Trash Hero dan Bali Yoga Master.

Aksi bersih diawali dengan sambutan dan penjelasan kegiatan oleh Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang (Hendra Gunawan) bertempat di Pelabuhan Penyebrangan Labuhan Lalang. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pembacaan pernyataan bersama penanganan sampah plastik di Pulau Menjangan oleh tujuh orang perwakilan kelompok masyarakat. Pernyataan tersebut terdiri atas tujuh poin kesepahaman bersama dalam upaya penanganan sampah plastik di Pulau Menjangan.

Dalam pesan sambutannya, Hendra Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang tetap semangat dan peduli dalam upaya konservasi, khususnya menjaga kebersihan Pulau Menjangan dari sampah plastik. Hal ini sejalan juga dengan arahan Kepala Balai TNBB (Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si) dalam berbagai kesempatan bahwa upaya penanganan sampah plastik di TNBB merupakan tanggung jawab bersama, terlebih Pulau Menjangan merupakan destinasi wisata dan religi yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di sekitarnya.

Peserta aksi bersih yang berjumlah sekitar 100 orang selanjutnya bergerak bersama menuju Pos 2 Pulau Menjangan dengan menggunakan 8 unit kapal kayu. Terdapat lima lokasi yang sebelumnya telah diidentifikasi menjadi target pengambilan sampah, yaitu area pantai Pos 2, area Pura Klinting Sari, area Pura Segara Giri, kawasan mangrove di area Pura Gili Kencana dan Pantai di Pos 1 Pulau Menjangan.

Sampah plastik yang dapat dikumpulkan dan dikeluarkan pada aksi bersih kali ini sebanyak 1.079 Kg dengan rincian area Pura Klentingsari dan Segara Giri (140 Kg), pesisir pantai Pos 2 (108 Kg), mangrove area Pura Gili Kencana (691 Kg), dan pantai Pos 1 (70 Kg) serta ditambah sampah plastik yang telah dikumpulkan oleh petugas Resort Pulau Menjangan dalam tiga bulan terakhir sebanyak 117 karung.

Hasil aksi bersih tersebut dibawa ke Labuan Lalang, sampah yang berupa plastik dan botol yang dapat didaur ulang disimpan sebagai tabungan kelompok di Bank Sampah Nusa Menjangan, sementara residunya langsung dibawa ke TPA. Atas perolehan aksi bersih tersebut, Ajna Mukti dari Bali Yoga Master memberikan apresiasi dan berharap di waktu yang akan datang dapat berpartisipasi lagi, terutama dalam kegiatan edukasi kepada pengunjung Pulau Menjangan. Sementara Gede Progi dari Bali Trash Hero, menyampaikan pesan agar pada musim hujan ini sering-sering melakukan kegiatan clean up di Pulau Menjangan dan perairannya. Selain itu, Gede Progi juga memberikan semangat kepada kita semua untuk pantang menyerah walaupun lelah dalam penanganan sampah plastik. (htg)

 

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini