TNBKDS Pamerkan Ecoproduct Kapuas Hulu di Jepang

Tokyo, 9 Desember 2018. Bertempat di pusat pameran internasional Tokyo Big Sight Jepang, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) turut andil dalam pameran EcoPro 2018. Pameran ini menggelar berbagai peralatan teknologi serta produk-produk ramah lingkungan dan berkelanjutan, utamanya yang melibatkan masyarakat dalam proses produksinya.

BBTNBKDS tergabung dalam stand Indonesian Embassy bersama beberapa KPH dari Indonesia, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan wilayah Kalimantan, serta Perhutani. Seluruhnya kompak menampilkan sustainable product andalan Indonesia. BBTNBKDS sendiri memamerkan produk alami unggulan yaitu madu hutan APDS dan kerajinan tangan khas Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam event tersebut Tana Bentarum promosikan madu hutan APDS yang diproduksi secara alami dan lestari oleh masyarakat di dalam kawasan TNDS. Sebagian besar pengunjung yang mencoba madu hutan tersebut mengaku menyukai rasa dan aromanya. Tenun ikat berpewarna alami dalam pameran ini juga menjadi andalan ecoproduct dari Kapuas Hulu. Tenun ikat ini berasal dari Dusun Kelayam, Desa Manua Sadap Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu. Selain tenun ikat, juga dipamerkan tas dari bahan alami bemban yang mendapat penghargaan dari World Crafts Council, gelang dan cincin.

Stand semakin semarak dengan adanya kunjungan dari Duta Besar Indonesia di Tokyo, H.E. Arifin Tasrif. Dalam kesempatan tersebut Kepala Bagian Tata Usaha BBTNBKDS, Murlan Dameria Pane menjelaskan kepada Duta Besar mengenai kain tenun ikat tradisional Kapuas Hulu, termasuk pelibatan TNBKDS beserta stakeholder lainnya dalam pembinaan dan pengembangan sustainable product tersebut.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini