Cerita Mistis Pendakian Gunung Ciremai

Kuningan, 17 November 2018. Gunung Ciremai, dataran tertinggi Jawa bagian barat yang termasuk favorit tujuan pendakian. Kunjungan pendaki kerap melonjak saat musim liburan serta dua momen penting yakni agustusan dan tahun baru. Tatkala pendakian, tubuh dipaksa bekerja keras berjalan dan menahan beban logistik hingga batas maksimal kemampuannya. Lelah, letih dan lemas pasti menghinggapi pendaki. Saat inilah pikiran kosong yang terkadang mendatangkan halusinasi. Tak ayal banyak sekali kisah mistis yang menyelimuti gunung Ciremai. Baik cerita mistis yang dialami oleh para pendaki mau pun cerita yang kita dengar dari warga setempat.

Seperti yang dituturkan Abah Indi (60), pengelola jalur pendakian Apuy, Argamukti, Argapura, Majalengka kerap menerima "laporan" dari pendaki yang mengalami kejadian ganjil.

"Dari Pos V, Sanghyang Rangkah memang kerap terdengar sayup-sayup suara gamelan", ungkap Abah Indi saat ditemui di pos pendakian, kemarin (9/11).

"Banyak pendaki merasa heran dengan bunyi gamelan tersebut. Padahal di sekitar ini tidak ada hajatan", seloroh Abah Indi melanjutkan ceritanya.

Abah Indi juga bercerita tentang banyaknya korban jiwa manusia dan hewan akibat kerja paksa di perkebunan sekitar Apuy