Berkah Hujan untuk Tim PE TN Matalawa

Waingapu, 19 November 2018. Pada tahun 2018 ini, Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) mendapatkan mandat untuk memulihkan ekosistemnya sebesar 438,31 ha yang tersebar di 3 wilayah seksi pengelolaan. Metode pemulihan ekosistem yang digunakan yaitu restorasi, rehabilitasi, dan mekanisme alam.

Kondisi cuaca yang berbeda-beda pada tiap seksi wilayah pengelolaan membuat waktu tanam yang telah dijadwalkan pun akhirnya harus menyesuaikan dengan curah hujan yang turun. Hujan yang telah turun selama beberapa hari di lokasi  Kambatawundut, membuat tim segera bersiap untuk melakukan penanaman. Tim penanaman yang terdiri dari para pegawai di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Lewa dibantu dengan warga sekitar berjumlah 20 orang, siap untuk menanam bibit pada 120 ha lahan yang sudah disiapkan.

Kepala Balai TN Matalawa, Maman Surahman, S.Hut, M.Si, menyampaikan pesan kepada seluruh petugas pendamping untuk memberikan contoh bagaimana cara menanam yang baik serta memperhatikan cara penanaman yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini untuk memastikan bibit yang ditanam dapat tumbuh dengan baik sehingga tutupan lahan meningkat.

 

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini