Pemilihan Duta Danau Sentarum

Rabu, 17 Oktober 2018

Putussibau, 16 Oktober 2018.  Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) Bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten Kapuas Huludan Jainur TIM menyelenggarakan Pemilihan Duta Danau Sentarum tahun 2018. Pemilihan Duta Danau Sentarum yang perdana ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Danau Sentarum. Sasaran kegiatan ini adalah Putra Putri Kabupaten Kapuas Hulu dari kalangan mahasiswa, pelajar dan umum.Jumlah peserta pada kegiatan ini 52 orang yang berasal dari Kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara, Bika, Kalis, Mentebah, Hulu Gurung, Semiitau dan Batang Lupar.

Tujuan dari Pemilihan Duta Danau Sentarum ini adalah memilih Putra Putri terbaik untuk membantu Balai Besar Taman Nasional Danau Sentarum dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu untuk mewujudkan TNDS sebagai pusat pelestarian keanekaragaman hayati Ramsar Site dan destinasi ekowisata unggulan di Jantung Borneo (Heart of Borneo). Selain itu kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan generasi muda agar lebih cinta lingkungan, budaya dan keanekaragaman hayati Kabupaten Kapuas Hulu pada umumnya dan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum pada khususnya. Keberhasilan menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati ditentukan dalam membina generasi mudanya.

Dalam sambutannya Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang PTN Wilayah 2 Kedamin Fery AM. Liuw menyampaikan bahwa kegiatan Pemilihan Duta Danau Sentarum sangat baik karena nantinya Duta Danau Sentarum secara garis besar tugas yang harus dilakukan oleh Duta Danau Sentarum demi menyebarkan isu kelestarian Danau Sentarum yang penting kepada masyarakat yang lebih luas.

Narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan ini dari kalangan professional, Muhamad Ilyas, Imam Buhari, Indra Prasetyo, Jainur Santoso dan Wahyu Sulistiyoko. Selama 3 hari narasumber akan memberikan materi-materi yang disampaikan Pengelolaan TNDS, Lingkungan Hidup, Public Speaking, Personal Branding, Sosial Media Manajemen, Etiquette and Table Manner dan Interview. Pada hari ketiga narasumber akan menyeleksi 10 peserta selanjutnya, selama 4 hari akan diberikan pendalaman materi, Latihan Cat Walk, Latihan Nari, Pendalaman Personal Branding dan Pendalaman teknik prensenter multi media (TV, Radio, Youtube, Video Vlog). Pada acara puncak Festival Danau Sentarum akan dipilih Putra Putri Duta Danau Sentarum tahun 2018.

Pada kesempatan terpisah, Jocelina dari SMA N 1 Putussibau, salah satu dari peserta kegiatan Pemilihan Duta Danau Sentarum menyampaikan bahwa, “saya merasa bangga ikut serta dalam kegiatan ini, untuk waktu yang akan datangsaya ingin TNDS menjadi semakin dikenal, dicintai dan dibanggakan oleh seluruh masyarakat lokal maupun nasional. Selain itu, semoga TNDS semakin ramai pengunjungnya dan tetap menjadi wilayah yang tetap terjaga keasliannya.”

“Taman Nasional Danau Sentarum merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional sehingga perlu kita jaga, oleh sebab itu dengan terpilihnya Duta Danau Sentarum nantinya, maka harapannya dapat menjadi penyambung lidah Tana Bentarum dan Pemerintah daerah kepada masyarakat luas khususnya tetang wisata dan pelestarian danau”, pungkas Fery.

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini