Tithonia Serbu Cagar Alam !!!

Kediri, 10 Oktober 2018. Tithonia diversifolia atau Paitan/ Plok Plik merupakan jenis tumbuhan berbunga famili Asteraceae yang dikenal di Meksiko sebagai bunga matahari (Mexican Sunflower). Bercabang sangat banyak dan dalam waktu yang singkat dapat membentuk semak yang lebat. Seperti di Cagar Alam (CA) Manggis Gadungan, awalnya Paitan hanya dijumpai di luar pal batas 7 sampai pal 9, namun saat musim hujan tiba dengan cepat tumbuh kembali diluar pal 7 hingga pal 15.

Selain sifat pertumbuhannya yang sangat agresif, sifat invasifnya juga didukung tidak adanya musuh alami di sekitar cagar alam. Sehingga tak ada yang menghambat pertumbuhan dan penyebarannya. Tidak mengherankan spesies ini termasuk dalam daftar jenis asing invasif dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor.P.94/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2016 tentang jenis invasif.

Saat patroli menyusuri bekas jalan aspal, 45 meter masuk dari gapura timur, ternyata dijumpai Paitan telah tumbuh di dalam kawasan, dan telah memakan seluas 21 m2. Khawatir akan semakin menyebar dan menghambat regenerasi tumbuhan asli saat musim hujan tiba, personil RKW 03 segera melakukan tindakan.

Rabu, 10 Oktober 2018 dilakukan pengendalian populasi Paitan dengan mencabut seluruh Paitan yang tumbuh di dalam kawasan. Diduga Paitan masuk ke dalam kawasan melalui bijinya yang terbawa air hujan dari luar pal 14.

Satu kuntum bunga Paitan dapat menghasilkan 119 biji yang siap menyebar dan tumbuh secara agresif di musim hujan. Selain bereproduksi secara generatif dengan biji, Paitan dapat juga bereproduksi secara vegetatif.

Batang paitan tergolong lembut, berkayu, tumbuh tegak, tetapi jika berbunga lebat maka batang akan rebah dan merunduk bahkan bisa mencapai tanah, tunas-tunas baru dapat muncul hampir diseluruh batang Paitan.

Dengan temuan Paitan di dalam cagar alam, membuktikan sifat invasif spesies ini. Sehingga keberadaannya di sekitar CA. Manggis Gadungan perlu segera diantisipasi dan dikendalikan.

 

SumberSiti Nurlaili. PEH Wilayah 03 Cagar Alam Manggis dan Cagar Alam Besowo Gadungan, Balai Besar KSDA Jawa Timur

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini