Balai KSDA Yogyakarta Tangkap Peluang Pendataan Satwa di Even Piala Raja HB X 2018

Selasa, 25 September 2018

Yogyakarta 25 September 2018. Piala Raja HB X merupakan ajang perlombaan tingkat nasional bagi kicau mania yang dihelat secara rutin setiap tahunnya oleh Pelestari Burung Indonesia (PBI). Tahun ini gelaran Piala Raja diselenggarakan di kawasan Candi Prambanan Yogyakarta pada tanggal 23 September 2018. Dengan jumlah peserta sekitar 5.000 peserta dan jumlah burung yang dilombakan sekitar 6.000 ekor burung yang terdiri atas jenis-jenis antara lain : Murai batu, Cucak hijau, Cucak rowo, Anis merah, Anis kembang, Cendet, Kacer, Kenari, Jalak Suren, Tledekan, Branjangan dan Love Bird. 

Dalam rangkaian pembukaan even tahunan tersebut, Ir. Wiratno, M.Sc, Direktur Jenderal KSDAE Kementerian LHK dalam sambutannya mengingatkan agar PBI harus berkomitmen untuk menjaga kelestarian burung di alam. Sementara itu Balai KSDA Yogyakarta sebagai pelaksana mandat pengelolaan jenis TSL dan pengawasan peredaran TSL, mencermati pelaksanaan kegiatan lomba kicau mania tersebut dan sekaligus merespon terbitnya peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/2018 dan P.92/2018, dengan membuka stand pelayanan TSL. Pelayanan yang diberikan pada even ini meliputi pendataan kepemilikan satwa burung dan pemberian pelayanan penerbitan SATS DN kepada para peserta lomba.

Di akhir kegiatan, pengurus PBI menyerahkan satwa burung kepada Balai KSDA Yogyakarta sebanyak 20 ekor burung kacamata jawa (Zosterops flavus) dan 20 ekor burung madu sriganti (Nectarinia jugularis) agar dapat dilepasliarkan ke alam. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian PBI terhadap kelestarian satwa burung di alam.

   

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini