Kemah Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu dalam Rangka World Clean Up Day Tahun 2018

Sabtu, 22 September 2018

Putussibau, 22 September 2018. Dalam Rangka World Clean Up Day Tahun 2018 Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dikemas dalam Kegiatan Kemah Saka Wana Bakti Cabang Kapuas Hulu bertempat di bumi perkemahan Arboretum Tana Bentarum pada tanggal 21 – 23 September 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan korsa/kebersamaan, kemandirian dan menumbuh kembangkan kepedulian terhadap lingkungan kepada para anggota Saka Wana Bakti Cabang Kapuas Hulu pada khusunya generasi muda pada umumnya.

Peserta dari kemah ini adalah anggota Saka Wana Bakti  dari Putussibau 60 orang, Kecamatan Embaloh Hulu 5 orang dan Kecamatan Batang Lupar 6 orang serta Melibatkan pendamping dari sekolah masing-masing. Diharapkan dengan melibatkan berbagai sekolah dapat semakin memperluas jaringan dan mampu menyebarkan menularkan konservasi kepada teman-temannya.

Dalam kemah bakti ini, kegiatannya dibagi menjadi dua tema besar, yaitu penghijauan di 4 sekolah tingkat SMU sebanyak 200 tanaman, bakti lingkungan dan bakti sosial atau World Clean Up Day. Kegiatan bakti lingkungan dilakukan dengan membersihkan sungai, pasar sayur dan taman kota Putussibau. Selain berbagai kegiatan tersebut, tentunya juga ada materi yang tak kalah pentingnya mengenai 4 Krida dari Saka Wana Bakti yaitu Tata Wana, Bina Wana, Guna Wana dan Reksa Wana, Giri Wana Rally, serta pengenalan keanekaragaman hayati dan akan ditutup dengan pentas seni pada malam terakhir kegiatan.

Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum selaku Ketua Saka Wana Bakti Cabang Kapuas Hulu, Ardi Andono, S. TP., M. Sc, dalam sambutan dan pembukaannya menyatakan bahwa diharapkan dalam kegiatan ini para peserta dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan di sekitarnya dan menikmati seluruh rangkaian kegiatan, sehingga ilmu yang diperoleh dapat ditularkan kepada teman lainnya.

Keceriaan terpancar dari setiap peserta sejak pendirian tenda dan pada upacara pembukaan. Mereka sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Kegembiraan juga terlihat karena mereka mendapatkan saudara-saudara baru dari berbagai sekolah.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh berbagai pihak,baik dari sekolah asal peserta dan lokasi tempat kegiatan. Selain itu kegiatan ini  mendapat masukan dan dukungan dari Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu dan KPH Kapuas Hulu Timur. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat sering dilaksanakan dan melibatkan lebih banyak peserta, tentunya juga mempertimbangkan sumber daya yang ada. Namun yang paling penting, kepedulian terhadap lingkungan dapat tersebar luas sesuai dengan semangat peringatan World Clean Up Day Tahun 2018.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini