Sosialisasi TN Kutai di SMP Bahrul Ulum Bontang

Bontang, 14 September 2018. Mengisi akhir pekan, Jumat, 14 September 2018, Balai TN Kutai melaksanakan sosialisasi ke SMP Bahrul Ulum Bontang. SMP Bahrul ulum merupakan salah satu sekolah di Bontang yang sangat memperhatikan kegiatan pengenalan lingkungan bagi siswa. Pendidikan lingkungan yang diterapkan sejak dini, diharapkan akan membentuk kepribadian yang lebih mandiri dan peduli, oleh sebab itu kegiatan pendidikan lingkungan menjadi agenda yang rutin dilakukan di sekolah tersebut.  Kegiatan yang dikuti lebih dari 200 pelajar, diisi dengan penyampaian informasi tentang Taman Nasional Kutai antara lain memperkenalkan peran dan fungsi keberadaan TN Kutai sebagai penyangga kehidupan, juga tentang potensi keanekaragaman hayati dan ekosistem, serta potensi wisata alam.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan utama, SMP Bahrul Ulum tersebut diikuti oleh para pelajar dengan sangat antusias. Hadiah bagi yang menjawab kuis dengan benar berupa boneka bekantan, beruang madu dan orangutan, menjadi magnet untuk menarik minat dan perhatian para siswa.  Selain memberikan hadiah boneka satwa prioritas TN Kutai, juga diberikan buku dan leaflet tentang potensi TN Kutai.

Taman Nasional Kutai memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup manusia  khususnya yang hidup disekitar kawasan.  Keberadaan Taman Nasional menjadi sangat penting dan strategis sebagai penyangga bagi masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar kawasan, sehingga menjaga kelestarian kawasan  menjadi mutlak untuk dilaksanakan. Selain memperkenalkan Taman Nasional melalui sekolah-sekolah Balai TN Kutai secara rutin juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di sekitar kawasan.

Program sosialisasi Taman Nasional Kutai bagi sekolah, sudah menjadi agenda rutin bagi Pengendali Ekosistem Hutan di Balai TN Kutai. Selain program KRS (Kunjungan regular Sekolah), terdapat program KRTNK (Kunjungan regular TNK), untuk lebih mengenalkan TN Kutai secara lebih dekat. Program sosialisasi menjadi aspek yang sangat penting dalam kerangka meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat sehingga kegiatan menjaga dan  melestarikan kawasan konservasi  menjadi gerakan bersama masyarakat.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini