Pelatihan Budidaya Lebah Madu di desa Penyangga TNBG Pastap Julu dan Hutabaringin Maga

Mandailing Natal, 14 September 2018. Budidaya lebah madu adalah segala upaya memelihara dan mengatur kehidupan lebah dengan tehnik tertentu yang disesuaikan dengan syarat – syarat lebah sehingga diperoleh produksi madu dan pendapatan yang maksimal. Budidaya lebah madu bermanfaat menambah pendapatan masyarakat dari hasil produksi lebah madu. Menambah kesempatan kerja berupa kerja sambilan di daerah pedesaan. Ikut membantu terjadinya penyerbukan bunga sehingga dapat meningkatkan berbagai jenis tanaman. Dengan keperluan pakan lebah untuk budidaya lebah madu diharapkan masyarakat dapat menyadari untuk menanam dan memelihara pakan lebah sehingga lingkungan jenis lestari dan hijau sebagaimana dengan vegetasinya.

Desa Pastap Julu dan Hutabaringin Maga sebagai salah satu desa penyangga di sekitar Taman Nasional Batang Gadis yang memperoleh peningkatan kapasitas sumberdaya manusia terkait peningkatan usaha ekonomi produktif berupa Pelatihan budidaya lebah madu . Kegiatan pelatihan budidaya ini selain upaya untuk menciptakan kelestarian konservasi melalui aktifitas pengamanan hutan dan hasil hutan, kegiatan ini juga menempatkan masyarakat sebagai sasaran pengelolaan yang dapat mewujudkan sebuah kemandirian ekonomi.

Kegiatan budidaya lebah madu ini mendapat apresiasi dari Ketua TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution. 

"Saya mengucapkan rasa bangga dan apresiasi atas kegiatan budi daya lebah madu yang dilaksanakan Balai TNBG didaerah penyangga ini," kata Ketua TP. PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution pada saat pelatihan budidaya lebah madu didesa Hutabaringin Kecamatan Puncak Sorik Marapi.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini