Uniknya Upacara Bersama Masyarakat Tobelo Dalam

Jumat, 17 Agustus 2018

Sofifi, 17 Agustus 2018. Upacara bendera Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 menjadi rangkaian hari ke-2 kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) turut hadir bersama mahasiswa Himakova IPB, UGM, Universitas Khairun Ternate, Universitas Nuku Tidore, Universitas Halmahera dan Sekolah Tinggi pariwisata Bandung. Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) menyita perhatian dengan membawa seluruh peralatan berburu dalam upacara bahkan sebagian dari mereka tidak menggunakan alas kaki dan berbusana lengkap. 

Upacara dilaksanakan pukul 09.30 WIT di Gunung Uni-Uni, Halmahera Timur dengan Inspektur Upacara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Tiimur, Hardi Musa. Sedangkan yang menjadi petugas upacara adalah Polisi Kehutanan Balai TNAL di pimpin Yusra Abdul Kadir sebagai Komandan upacara. Himakova IPB juga mendapat tugas sebagai paduan suara untuk menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Hadir dalam upacara, Kepala Balai TNAL, Kepala SPTN Wilayah II dan III, Putri Pariwisata Maluku Utara tahun 2016 dan relawan dari Ulrick yang akan ikut melaksanakan Ekspedisi TNAL. Tak lupa kegiatan ini juga diliput oleh salah satu televisi nasional. 

Selesai upacara, perwakilan dari MTD diminta mengambil tempat untuk menerima bingkisan berupa bahan pokok dan busana layak pakai. Setelah menerima bingkisan, terlihat senyum yang gembira pada wajah mereka.

“Kegiatan ini sangat unik dan sangat bagus untuk dilaksanakan”, kata Hardi. “Kami (Pemda Haltim), akan mendukung kegiatan Balai TNAL terkait bidang pariwisata”, tambahnya.

“Kita duduk bersama MTD, mahasiswa, LSM, instansi pemerintah dan komunitas-komunitas ini menandakan bahwa Balai TNAL dalam mengelola kawasannya tidak sendirian dan terus bersinergi dengan para pihak sebagai mitra yang baik”, tegas Wahyudi, Kepala Balai TNAL.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra- Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini