Pemusnahan Ladang Ganja di Kawasan TN Gunung Leuser

Aceh Selatan, 9 Agustus 2018. Petugas Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) bersama dengan Polri dan TNI melakukan pemusnahan ladang Ganja di kawasan TN. Gunung Leuser, Resort Bakongan, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kluet Utara, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan pada Selasa silam (7/8).

Perjalanan Tim Patroli Terpadu kali ini mendapatkan temuan berupa ladang ganja di dalam kawasan TN. Gunung Leuser. Bukaan lahan illegal itu awalnya didapatkan melalui data analisa citra satelit yang dilakukan petugas TN. Gunung Leuser dibeberapa bulan terakhir. Menanggapi persoalan tersebut Ka. BPTN Wilayah I Tapaktuan, Buana Darmansyah, S.Hut. T, menugaskan anggotanya untuk melakukan pengecekan langsung ke tempat kejadian perkara (TKP) bersama dengan tim terpadu lainnya.

Tim Patroli terpadu ini terdiri dari Petugas TN. Gunung Leuser, Polres Aceh Selatan dan Kodim 0107 Aceh Selatan. Kegiatan berlangsung dilapangan selama 4 hari dimulai pada hari Minggu (05 Agustus 2018) sampai dengan selesai. Hasil yang didapatkan adalah tim patroli menemukan kebun ganja dengan luas sekitar 2 hektar, sementara pemilik ladang illegal tersebut tidak dijumpai dilapangan. Jarak tempuh ke lokasi TKP (tempat kejadian perkara) dari desa terdekat yaitu 2 hari perjalanan. Desa terdekat adalah Gampoeng Seunebok Keuranji, Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan. Berdasarkan perkiraan, jumlah tanaman ganja yang dimusnahkan oleh petugas dilapangan sebanyak 2000 batang dengan usia tanaman ± 3-4 bulanan. Pemusnahan terhadap tanaman illegal tersebut berhasil dilakukan dengan cara mencabut dan membakar, sementara sebahagian barang bukti lainnya dibawa ke Polres Aceh Selatan.

BBTN Gunung Leuser menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Kapolres Aceh Selatan, AKBP. Dedy Sadsono, ST dan Dandim 0107 Aceh Selatan, Letkol Kav. Hary Mulyanto atas dukungan dan kerjasamanya.

Sumber : Efa Wahyuni/Foto : Herman juanda - Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini