Kamera Trap Babi Rusa di CA Gunung Tinombala BKSDA Sulteng

Palu, 20 Juli 2018. Babi rusa (Babyrousa babyrussa) merupakan salah satu satwa prioritas yang berada wilayah kerja Balai KSDA Sulawesi Tengah. Dalam upaya menjaga kelestarian satwa prioritas tersebut, Balai KSDA Sulawesi Tengah melakukan kegiatan monitoring pemantauan kamera trap di kawasan hutan Cagar Alam (CA) Gunung Tinombala Kabupaten Parigi Moutong tahun 2018. Kegiatan monitoring pemantauan kamera trap babi rusa ini merupakan kegiatan lanjutan dari tahun 2017. Jumlah kamera trap yang dipasang di CA Gunung Tinombala sebanyak 3 buah yang tersebar di beberapa lokasi.

Dari hasil pemantauan tersebut diperoleh adanya babirusa yang terekam oleh kamera trap. Babirusa terekam pada kamera trap 1 dan kamera trap 3. Babirusa yang terekam pada kamera trap 1 berjenis kelamin jantan, betina dan anakannya yang terekam pada tanggal 28 Mei 2018, 25 Juni 2018 dan tanggal 17 Juli 2018. Sedangkan pada kamera trap 3 babi rusa yang terekam yaitu berjenis kelamin betina dan anakannya pada tanggal 22 Mei 2018.

Babi rusajantan mempunyai ciri-ciri adanya taring sedangkan babirusa betina tidak mempunyai taring. Dokumentasi dari pemantauan kamera trap babi rusa ini berupa foto dan video. Selain babi rusa, dalam pemantauan kamera trap ini ada beberapa jenis hewan lain yang terekam diantaranya kuskus, ayam hutan, kera hitam, tupai, babi hutan dan berbagai jenisburung.

Sumber :Balai KSDA Sulawesi Tengah

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini