Buaya Muara Membanjiri Ibukota Negara

Jakarta, 12 Juli 2018. Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta kembali melakukan evakuasi Buaya di daerah Cipayung Jl. Sumur Bungur, Kel. Setu, Kec. Cilayung. Evakuasi ini sebagai tindak lanjut dari informasi dari Ir. Asep Sutisna (seorang pensiunan dari Dinas Kehutanan Pemda Provinsi DKI Jakarta) yang menyampaikan bahwa terdapat satwa dilindungi berupa Buaya Muara (Crocodylus porosus) yang berada di sebuah kolam di daerah Cipayung. Informasi tersebut direspon cepat oleh Kepala Resort Jakarta Timur (Davis Purnawan) dengan mengecek kebenaran dari informasi tersebut dan diperoleh hasil bahwa memang benar informasi tersebut.

Pada hari Senin, 9 Juli 2018, Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta bergerak ke lokasi untuk mengevakuasi Buaya Muara tersebut. Berdasarkan cerita dari warga Buaya ini diperkirakan dirawat dari tahun 1994 oleh H. Mamat yang dia peroleh dari pemberian seorang temannya dari Grogol, Jakarta Barat yang diletakkan di sebuah kolam alami yang terdapat mata airnya. Kemudian perawat tersebut meninggal dilanjutkan oleh Bapak Maah. Pihak kelurahan setempat telah memberikan informasi bahwa telah dilakukan penyuluhan untuk memberikan informasi bahwa satwa tersebut adalah satwa yang dilindungi dan tidak dibenarkan apabila seorang warga melakukan pemeliharaan. Penyadartahuan tersebut memberikan hasil bahwa yang bersangkutan sukarela akan menyerahkan kepada instansi yang berwenang yaitu Balai KSDA Jakarta.

Proses evakuasi ini memerlukan waktu yang tidak sebentar dikarenakan Buaya tersebut memiliki berat 150 Kg dengan ukuran panjang sekitar 4,3 meter dan posisi kolam yang begitu dalam. Kelihaian dan keberanian Team of Wildlife Rescue Balai KSDA Jakarta sangat diuji ketika harus menundukkan keganasan Buaya untuk dibawa tempat penyelamatan sementara sebelum dilakukan pelepasliaran pada habitat alaminya. Berkat kegigihan dan kehandalan tim dengan salah satu anggotanya keeper yang berasal dari PPS Tegal Alur (Nasum dan Ismet).

Penyerahan Buaya Muara ini menambah catatan bahwa tingkat kepemilikan satwa dilindungi di wilayah kerja Balai KSDA Jakarta masih sangat tinggi. Apalagi belum lama ini, Ibukota ini dihebohkan pada sosial media secara viral sebuah video kemunculan Buaya di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Bahkan upayah tindak lanjut penanganan buaya tersebut telah dilakukan Balai KSDA Jakarta secara terpadu dengan Pemerintan Daerah DKI Jakarta, Lantamal III Angkatan Laut, LSM, dan pihak terkait lainnya.

 

 

Sumber : Balai KSDA Jakarta

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini