Pemda Kab. Pasuruan Kunjungi Desa Edelweis Wonokitri

Kamis, 05 Juli 2018

Wonokitri, 5 Juli 2018. Pemda Kab. Pasuruan kunjungi Desa Wonokitri untuk melihat secara langsung pengembangan Desa Edelweis, Rabu 4 Juli 2018. Rombongan terdiri dari Kelompok Kerja (POKJA) Sinkronisasi Pengembangan Agropolitan dan Minapolitan Kabupaten Pasuruan yang terdiri dari BAPPEDA, Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perhubungan serta Stakeholder terkait meliputi Camat Tosari, Kepala Desa Wonokitri, Kelompok Tani Desa Edelweiss Hulun Hyang, Kelompok Konservasi Bala Daun, Kepala Resort PTN Gunung Penanjakan, dan Penyuluh Kehutanan BBTNBTS.

“Teguh” yang merupakan ketua kelompok tani Hulun Hyang Wonokitri menyampaikan kepada Pemda Kabupaten Pasuruan, “kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemda Kab. Pasuruan yang telah sudi mengunjungi kami, pada kesempatan ini ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan mewakili Kelompok yaitu terkait dukungan dari Pemda Kab. Pasuruan untuk kebutuhan Tempat Pembuangan Sampah untuk Desa Wonokitri, Rekayasa Lalulintas Jalur Wisata di Desa Wonokitri, Bangunan Fisik Pendukung Desa Edelweiss, hingga pelatihan-pelatihan pendukung wisata Desa Edelweiss sehingga mimpi kami mewujudkan wisata Desa Edelweis bisa dilakukan tahun ini."

"Ekaning" yang merupakan ketua rombongan Pemda Kab. Pasuruan sangat mengapresiasi pengembangan wisata Desa Edelweis mengungkapkan, “saya selaku perwakilan Pemda Kab. Pasuruan sangat mengapresiasi kelompok tani Hulun Hyang yang telah bekerja keras mewujudkan wisata Desa Edelweis, dalam kunjungan ini kami ingin memastikan kondisi eksisting lingkungan dan masyarakat Kecamatan Tosari khususnya Desa Wonokitri dalam mewujudkan desanya menjadi Desa Edelweiss.

“Konsep besar Desa Edelweiss yang ditujukan untuk destinasi wisata baru memerlukan dukungan dari dinas-dinas terkait untuk menyempurnakan pendampingan yang telah dilakukan oleh TNBTS sejak tahun 2017 di Desa Wonokitri", ujar ”Nursidik”, Kepala Resort Penanjakan menambahkan.

Pada Kesempatan tersebut, tim POKJA juga mendapat pendampingan edukasi budidaya edelweiss dari Kelompok Tani Desa Edelweiss Hulun Hyang Desa Wonokitri hingga kesempatan eksklusif penanaman bibit edelweiss. Acara diakhiri dengan berkeliling menyusuri Desa Wonokitri yang mulai banyak ditumbuhi Edelweiss hasil budidaya masyarakat.

 

Sumber: Birama - Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini