Gunung Palung Touring Hari Terakhir, Galang Mitra Lestari TSL

Matan Jaya, 5 Mei 2018. Hari terakhir kegiatan Gunung Palung touring 2018 lalui perjalanan mengunjungi desa-desa dan mitra di sisi bagian utara kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). Desa yang menjadi target kunjungan pertama adalah Desa Matan Jaya. Tim touring memulai perjalanan menuju ke Desa Matan Jaya dari Resort Sempurna dengan jarak tempuh kurang lebih 50 km. Perjalanan dilakukan dengan menyusuri jalan yang biasa digunakan untuk lalu lintas pengangutan bahan tambang bauksit milik PT Harita. Waktu yang ditempuh tim touring sampai di di kantor Desa Matan Jaya kurang lebih satu jam. Sampai di kantor Desa Matan Jaya tim touring disambut oleh aparat Desa Matan Jaya dan Kepala dusun Matan. Dalam pertemuan dengan perwakilan masyarakat Desa Matan Jaya, pihak masyarakat mengharapkan  Balai TNGP dapat melakukan fasiltasi kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Matan Jaya.  Selesai pertemuan di kantor Desa Matan Jaya, tim touring melanjutkan perjalanan menuju kantor perkebunan sawit PT Cipta Usaha Sejati (CUS).

Kedatangan tim touring Balai TNGP disambut jajaran pimpinan manajemen perusahaan PT CUS.  Pertemuan dengan pihak manajemen PT CUS diawali dengan sambutan selamat datang General Manager PT. CUS Bapak Takdir Bastanta Ginting yang dilanjutkan dengan sambutan dari Balai TNGP yang disampaikan oleh kepala Balai TNGP Bapak M. Ari Wibawanto. Acara pertemuan dilanjutkan dengan makan siang bersama dan setelah selesai makan siang pihak manajemen perusahaan berkesempatan menyampaikan presentasi mengenai Profil Perusahaan PT CUS yang merupakan bagian dari grup Pasific Agro Sentosa (PAS). Pada saat kunjungan pihak manajemen perusahaan telah menyiapkan bibit pohon Ficus sp untuk ditanam oleh Kepala Balai TNGP di areal koleksi tanaman kantor PT CUS. Selesai menanam bibit pohon, mengakhiri kunjungan ke PT CUS dilakukan reportase singkat secara bersama antara GM PT CUS dengan Kepala Balai TNGP. Di dalam reportase singkat tersebut Bapak Takdir Bastanta Ginting menyampaikan komitmen perusahaan dalam upaya pelestarian tumbuhan dan satwa liar melalui pengelolaan areal HCVF (High Conservation Value Forest) yang berada di areal HGU PT CUS. Menanggapi komitmen dari PT CUS Kepala Balai TNGP menyampaikan bahwa ke depan perlu adanya sinergitas para pihak dalam upaya pelestarian Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) di area HCVF. Balai TNGP siap membantu upaya-upaya pelestarian TSL di area HCFV dengan para pihak khususnya Balai TNGP. Selesai acara reportase singkat tim touring mohon pamit untuk melanjutkan perjalanan menuju Sukadana. 

Perjalanan menuju Sukadana merupakan perjalanan terakhir yang dilakukan oleh tim touring selama kegiatan Gunung Palung Touring Tahun 2018 yang sudah berlangsung selama empat hari. Rangkaian kegiatan Gunung Palung Touring Tahun 2018 berakhir di kantor SPTN Wilayah I Sukadana dan ditutup langsung oleh Bapak Kepala Balai TNGP.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Palung

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini