Kunjungan Reguler Sekolah oleh Balai TN Kutai Bersama PT. SHJ Kun

Bontang, 16 Mei 2018. Balai Taman Nasional Kutai bekerjasama dengan PT. Surya Hutani Jaya (PT. SHJ) melaksanakan kegiatan kunjungan reguler ke sekolah pada tanggal 17 – 18 April 2018 di 5 sekolah di sekitar kawasan TN Kutai khususnya pada SPTN Wilayah II Tenggarong. Sekolah yang dikunjungi yaitu SMK Desa Manunggal Daya SP 2, MTS Sidomukti SP 3, SD Negeri Desa Menamang Kanan, SMP Negeri Menamang Kanan dan MTS Desa Benua Baru.

Kegiatan ini selaras dengan program konservasi yang termuat dalam rencana kerja perusahaan PT. SHJ yang juga sebagai salah satu anggota Mitra TN Kutai yaitu monitoring dan evaluasi pembangunan kawasan. Hal ini dilaksanakan untuk mendapatkan informasi apakah kawasan hutan tersebut sudah digunakan oleh satwa liar sebagai habitat tetap atau hanya berupa jalur menuju kawasan TN Kutai yang memiliki kualitas habitat yang lebih baik. Untuk itu, peningkatan kesadartahuan dan pemahaman masyarakat yang bermukim di area sekitar PT. SHJ yang sekaligus di sekitar kawasan TN Kutai tentang satwa yang dilindungi khususnya orangutan mutlak diperlukan salah satunya yaitu sosialisasi ke masyarakat dan sekolah-sekolah.

Adapun materi yang disampaikan dalam kunjungan reguler sekolah ini sebanyak tiga materi yaitu pengenalan TN Kutai, mengenal orangtua siswa dan program Kerja PT. SRH terkait Konservasi Orangutan. Rata-rata peserta kegiatan sosialisasi di setiap sekolah adalah 30 orang siswa. Peserta sosialisasi sangat tertarik dan antusias mendengarkan paparan materi. Umumnya sudah cukup mengenal orangutan dan satwa lainnya. Namun semua siswa dari lima sekolah seluruhnya tidak mengenal Taman Nasional Kutai dan sedikit pengetahuan tentang hutan lindung. Harapannya para generasi muda ini bisa mengambil peran aktif mereka untuk melindungi kawasan konservasi beserta seluruh isinya.#TN Kutai

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini