Cara Seru Balai TN Komodo Peringati Hari Bumi

Jumat, 20 April 2018

Labuan Bajo, 20 April 2018. Kader Konservasi di Kampung Rinca Desa Pasir Panjang Taman Nasional Komodo punya cara sendiri untuk memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April yakni dengan melakukan kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove. Kegiatan bersih pantai dilaksanakan pada hari Rabu (18/4) bertempat di Pulau Pempe, salah satu pulau yang terdapat di dalam kawasan TN. Komodo. Pulau Pempe sering menjadi persinggahan wisatawan saat berwisata ke TN. Komodo, baik untuk snorkeling atau menunggu waktu sunset. Sampah yang berhasil terkumpul dalam kegiatan bersih pantai ini sebanyak 4 karung yang didominasi oleh botol-botol minuman  beralkohol.

“Saya sebagai masyarakat lokal sangat menyayangkan perilaku wisatawan yang banyak meninggalkan sampah saat berwisata ke TN. Komodo, jika kita mencintai alam, harusnya kita tidak mengotori alam”, ujar Rusdin, Ketua Kader Konservasi Kampung Rinca yang memimpin pelaksanaan kegiatan ini. Rusdin juga berharap agar Kader Konservasi sebagai perpanjangan tangan Balai TN. Komodo dapat membantu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

Selain bersih pantai, Kader Konservasi juga melakukan penanaman Mangrove di Kampung Rinca pada hari Kamis (19/4). Pada kegiatan ini berhasil ditanam sebanyak 500 anakan mangrove di sepanjang tanggul pemecah ombak Kampung Rinca. Abdul Rahman anggota Kader Konservasi yang ikut serta dalam kegiatan penanaman tersebut mengungkapkan pentingnya hutan mangrove bagi kehidupan masyarakat Kampung Rinca. “Mangrove sangat berguna untuk menahan ombak dan sebagai tempat pemijahan ikan, jadi sudah sepatutnya kita jaga”. Lebih lanjut Abdul Rahman juga menyampaikan bahwa penanaman Mangrove ini sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap bumi dan lingkungan. “Bumi telah mendukung kehidupan kita, jadi sudah sepatutnya kita mewujudkan kepedulian terhadap bumi dan lingkungan, salah satunya dengan menanam mangrove”.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini