Setelah Dive for Trash, Yuk Intip Aksi Balai TN Bali Barat di Bike for Trash

Pulau Menjangan, 11 Maret 2018. Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang, Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Hendra Gunawan, S.P., M.P., memimpin kegiatan pemasangan papan nama tugu puncak Pulau Menjangan dan aksi bersih/clean up "Bike for Trash" dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan yang ke-35. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang terdiri dari pegawai TNBB, relawan, dan mahasiswa akademi pariwisata. 

Kegiatan pemasangan papan nama (signage) di tugu trianggulasi Puncak Menjangan dilakukan untuk menambah atraksi wisata di Pulau Menjangan. Sedangkan kegiatan clean up "Bike for Trash" dilakukan untuk menjaga kebersihan Pulau Menjangan dari sampah anorganik agar kelestarian ekosistemnya tetap terjaga. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempromosikan aktifitas bersepeda sambil bersih sampah kepada masyarakat.

Tim dibagi menjadi dua, yaitu tim perintis jalur dengan membawa papan nama berjalan di depan sambil membuka jalur yang tertutup semak belukar. Sementara tim "Bike for Trash" mengikuti di belakang, sesekali sepeda harus dipikul, karena jalur yang dilewati tidak memungkinkan untuk sepeda dinaiki.

Tim memulai perjalanan dari Pos 1 (0 mdpl) menuju titik trianggulasi yang merupakan puncak Pulau Menjangan dengan ketinggian 86 mdpl, hingga finish di Pos 2. Walaupun tidak terlalu tinggi, namun medan yang ditempuh cukup menantang. Selain jalur ini jarang dilalui, vegetasi berduri yang menutup jalur pendakian juga membuat kita harus ekstra hati-hati, apalagi dengan membawa sepeda. Setelah sekitar 2 jam mendaki, akhirnya tim tiba di puncak Pulau Menjangan. Sepanjang perjalanan, personil membersihkan sampah yang ditemukan di sepanjang jalur. Sampah anorganik yang berhasil dikumpulkan sebanyak 7 karung dengan berat 35 Kg yang terdiri dari kantong kresek, botol plastik, bungkus makanan, kaleng minuman, dan kain bekas.

Dengan dilakukannya kegiatan clean up ini harapannya dapat mengurangi sampah anorganik di kawasan TNBB, khususnya di Pulau Menjangan dan dapat memotivasi para pihak untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sumber : Balai TN Bali Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini