42 Jenis Burung Dijumpai PEH Balai TN Tesso Nilo

Balai Taman Nasional Tesso Nilo laksanakan kegiatan inventarisari burung dikawasan hutan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) selama 5 (lima) hari pada tanggal 12 - 15 Februari 2018 yang diikuti 5 orang personil pengendali ekosistem hutan (PEH) Balai Taman Nasional Tesso Nilo. Adanya kegiatan ini untuk mengamati keanekaragaman jenis burung yang berada dikawasan Taman Nasional Tesso Nilo. Selama lima hari tim mengamati ragamnya burung  di TNTN diwaktu ideal burung untuk keluar sarang setiap pagi dan sore.

Sebanyak 42 jenis burung dari 19 Family dijumpai selama pengamatan dilakukan. Berdasarkan keterangan ketua tim, dijumpai juga burung jenis langka seperti Elang ular bido (Spilornis cheela), Rangkong badak (Buceros rhinoceros), Rangkong papan (Buceros bicornis), Walik Jambu (Ptilinopus jambu), Seriwang Asia (Terpsiphone paradisi), Betet Ekor Panjang (Psittacula longicauda), Nuri Tanau (Psittinus cyanurus)dan Kucica Hutan (Copsychus malabaricus).

 “Keanekaragaman fauna khususnya burung dikawasan Taman Nasional Tesso Nilo ini jumlahnya cukup tinggi,  ini baru jumlah jenis dan family yang kita jumpai, sebenarnya masih sangat banyak lagi jenis burung lainnya, untuk itu hutan yang masih tersisa ini harus kita jaga sama-sama kelestariannya”, ucap ketua tim Edwar Firdaus, S.Hut., M.Sc.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini