Pererat Hubungan Multipihak, Kepala Balai TN Bali Barat Roadshow di Kabupaten Buleleng

Gilimanuk, 14 Februari 2018. Mendukung arahan cara baru mengelola kawasan oleh Dirjen KSDAE, Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Drh. Agus Ngurah Krisna, M.Si, terus mempererat hubungan multipihak dengan berkoordinasi langsung ke instansi terkait. Salah satunya yang berada di wilayah Kabupaten Buleleng, yaitu ke Pemerintah Kabupaten Buleleng, Kodim (TNI) dan Kepolisian (Polres).

Koordinasi ke Polres dan Kodim dalam rangka meningkatkan dukungan lembaga dalam upaya pencegahan tindak pidana kehutanan (tipihut). Tipihut masih terjadi di kawasan hutan Bali Barat walaupun dgn skala relatif kecil. Upaya pencegahan, sosialisasi, serta sinergitas antar instansi pemerintah harus terus dilakukan.

Pada kesempatan ini, Kepala Balai TNBB juga berkoordinasi ke Asisten I Setda Kabupaten Buleleng, Made Arya Sukerta, SH, MH. guna  dukungan terhadap perlindungan kawasan konservasi. Dukungan dimaksud kaitannya dengan sinergitas kepentingan ritual keagamaan umat Hindu khususnya di zona religi budaya dan sejarah yang ada di kawasan TNBB di Kabupaten Buleleng.

Hasil dari pertemuan dengan Kasdim Buleleng, khususnya Kodim Buleleng siap mendukung bersama kepolisian untuk membantu pengamanan kawasan hutan di TNBB. Koordinasi bisa dilanjutkan ke tingkat lapangan di Koramil dan Babinsa. Hasil koordinasi dengan Asisten I Pemkab Buleleng, baik pihak pemerintah kabupaten sangat mendukung tupoksi TNBB untuk mempertahankan keutuhan kawasan. Selain itu beliau juga mendorong supaya perjanjian kerjasama (PKS) segera diselesaikan. Saat ini draft PKS terkait zona religi di TNBB sedang diajukan permohonan persetujuannya kepada Dirjen KSDAE.

Sumber : Balai TN Bali Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini