Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta Menjadi Ajang Pengenalan Konservasi Penyu

Tasikmalaya, 6 Februari 2018. Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta yang berada di wilayah pemangkuan Seksi Konservasi Wilayah (SKW) VI Tasikmalaya, Bidang KSDA Wilayah III Ciamis, Balai Besar KSDA Jawa Barat, adalah salah satu dari 3 (tiga) kawasan konservasi yang menjadi habitat/tempat bertelurnya Penyu hijau.

Selain berfungsi sebagai tempat penetasan semi alami Penyu hijau, Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta pun dapat menjadi alternatif tempat pendidikan konservasi khususnya konservasi Penyu hijau,
Pada hari Selasa, 6 Februari 2018; Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta telah dijadikan tempat kegiatan praktek lapangan siswa SMK Kehutanan Sobat Bumi Tasikmalaya. Kegiatan ini diisi dengan materi berupa pengenalan konservasi Penyu hijau dan pengenalan vegetasi hutan pantai yang disampaikan oleh Kepala SKW VI Tasikmalaya.

Selain materi dalam ruangan tersebut diatas, siswa-siswa ini pun diberi kesempatan untuk melepasliarkan tukik Penyu hijau sebanyak 60 (enam puluh) ekor, dimana pelepasliaran tukik Penyu hijau ini sudah menjadi program rutin yang biasa dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Jawa Barat di Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pendidikan konservasi khusunya konservasi Penyu hijau kepada siswa-siswa sekolah yang merupakan generasi penerus bangsa sehingga diharapkan dapat memupuk kepedulian dan peran serta dalam konservasi Penyu hijau sejak dini khususnya di Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta

Dalam kesempatan pelepasliaran tersebut, kepala SKW VI Tasikmalaya mewakili Balai Besar KSDA Jawa Barat, memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tinggnya kepada pihak SMK Kehutanan Sobat Bumi Tasikmlaya yang telah memilih Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta untuk praktek lapangan, serta mengharapkan agar kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan kali ini saja, tetapi dapat dlaksanakan secara berkesinambungan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Kehutanan Sobat Bumi Tasikmalaya dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Balai Besar KSDA Jabar yang telah memberikan kesempatan untuk bisa melaksanakan praktek lapangan tentang konservasi dan dapat melepasliarkan Penyu hijau.

Pelestarian Penyu hijau, merupakan tanggung jawab semua pihak tidak hanya oleh pemerintah, termasuk dunia pendidikan di dalamnya, apa yang dilaksanakan oleh SMK Kehutanan Sobat Bumi Tasikmalaya bisa menjadi contoh bagaimana “menularkan” jiwa konservasi kepada siswa-siswa sekolah.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini