Kelahiran Generasi Penerus “Kardit” di Kebun Binatang Bandung

Sabtu, 13 Januari 2018

Bandung (13/1/18). Masih ingat dengan Kardit, seekor beruang madu milik Kebun Binatang Bandung yang sempat viral di media sosial di awal tahun 2017? Ya, Kardit saat itu menjadi terkenal karena tampilannya di Youtube sangat kurus seperti tidak terurus sehingga banyak pihak yang prihatin dengan kondisi Kardit tersebut. Kejadian itu pula yang menjadi titik awal bagi manajemen Kebun Binatang Bandung untuk melakukan pembenahan dengan supervisi dari Balai Besar KSDA Jawa Barat, terutama dari sisi animal welfare.
Setelah hampir setahun berlalu, kabar yang muncul di awal tahun 2018 ini bukan lagi berita negatif tentang Kardit, melainkan kabar gembira tentang kelahiran generasi penerus Kardit di Kebun Binatang Bandung. Ya, seekor beruang madu berjenis kelamin betina resmi menjadi penghuni baru Kebun Binatang Bandung pada tanggal 7 Desember 2017. Pada saat petugas Balai Besar KSDA Jawa Barat melakukan pemeriksaan kelahiran pada tanggal 12 Januari 2018, satwa dilindungi yang belum diberi nama tersebut, di usianya yang ke-37, hari tampak dalam keadaan sehat dan aktif.
Selain seekor beruang madu, telah lahir pula 3 (tiga) ekor binturong pada tanggal 10 Desember 2017. Ketiga ekor binturong yang belum diketahui jenis kelaminnya tersebut, saat ini juga dalam keadaan sehat dan aktif.
Keempat bayi satwa tersebut saat ini dirawat secara khusus di ruang nursery dan masing-masing ditempatkan dalam kotak berlampu. Untuk perawatan bayi-bayi satwa tersebut, manajemen Kebun Binatang Bandung telah merekrut 1 orang perawat yang dalam tugasnya sehari-hari dibantu oleh tenaga laboran. Bayi satwa diberi susu formula serta makanan tambahan sesuai kebutuhan nutrisinya.
Kelahiran para penghuni baru di Kebun Binatang Bandung ini sekali lagi menunjukkan bahwa upaya pembenahan yang dilakukan manajemen Kebun Binatang Bandung sudah menampakkan hasilnya secara signifikan, terutama dalam memenuhi animal welfare satwa-satwa penghuninya.

(HUMAS BBKSDA JABAR)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini