Membangun Sinergitas Pengelolaan Taman Wisata Alam di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat

Sintang, 30 Oktober 2017. Dalam rangkaian kunjungan kerja ke wilayah kerja Seksi Konservasi Wilayah II Sintang tanggal 27 – 29 Oktober 2017, Kepala Balai KSDA Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah II beserta tim dari Direktorat PJLHK melakukan koordinasi dengan Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno,M.Med.Ph.

Dalam kesempatan tersebut, hadir Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pariwisata serta Bagian Biro Hukum Kabupaten Sintang. Koordinasi berjalan dengan santai di Ruang Pendopo Kantor Bupati. Bupati Sintang menyambut baik kedatangan Kepala Balai KSDA Kalbar beserta tim dalam rangka mensinergikan program-program Balai KSDA Kalbar dalam pengelolaan kawasan TWA Baning dan TWA Bukit Kelam khususnya yang berhubungan dengan pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Sintang menyampaikan bahwa TWA Baning dan TWA Bukit Kelam merupakan ikon daerah Kabupaten Sintang, sehingga dalam pengelolaannya harus bersinergi. Permasalahan-permasalahan yang ada diharapkan dapat dikomunikasikan dengan baik antara pihak pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, sehingga dapat diselesaikan dan tidak menjadi hambatan dalam pengelolaan kedepannya.

Bupati Sintang menyampaikan rencana pelaksanaan Festival Bukit Kelam Tahun 2018. Pada kesempatan ini Kepala Balai KSDA Kalbar menyampaikan kemungkinan-kemungkinan untuk dilakukan kerjasama kemitraan melalui MoU antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang.

Kepala Balai KSDA Kalbar juga menyampaikan mengenai rencana pengelolaan yang saat ini dalam proses penyusunan dan diharapkan dapat bersinergi dengan program pemerintah daerah. Rencana Pengelolaan ini diharapkan mampu mengakomodir kepentingan bersama dengan menyatukan visi dan misi pengelolaan sehingga mampu menjadikan TWA Bukit Kelam dan TWA Hutan Baning sebagai objek wisata tidak hanya berskala lokal, tapi juga nasional dan internasional.

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini