Penanaman Lahan Kritis di Sekitar Gunung Sawal

Kamis, 19 Oktober 2017

Ciamis - 17 Oktober 2017, Bertempat di Desa Mandalare Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis diselenggarakan acara Sarasehan dengan tema Penananganan Lahan Kritis di sekitar Gunung Sawal. Kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Peduli Lahan Kritis dan Ketahanan Pangan tersebut  merupakan kegiatan lanjutan yang sebelumnya di dua desa berbeda. Sarasehan dihadiri oleh unsur masyarakat, tokoh masyarakat, alim ulama Desa Mandalare, Pemerintah Desa Mandalare, Kecamatan Panjalu, Balai Besar KSDA Jawa Barat, BPDAS Citanduy, BPHW IV dan lembaga swadaya masyarakat.

Balai Besar KSDA Jawa Barat yang diwakili oleh Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya menjadi pemateri pertama yang menyampaikan materi tentang pengelolaan kawasan konservasi sumber daya alam khususnya pengelolaan Gunung Sawal sebagai kawasan konservasi Suaka Margasatwa,  kawasan ini memiliki nilai penting bagi kehidupan masyarakat Ciamis karena selain memiliki potensi keanekaragaman hayati yang cukup tinggi, juga sebagai hulu dari sungai Citanduy sehingga keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan. Selanjutnya Pemateri kedua dari BPHW menyampaikan program pengelolaan kawasan hutan di kabupaten Ciamis terkait lahan kritis. Pada kesempatan yang sama pemateri ketiga dari BPDAS Citanduy menyampaikan tentang program penanaman sejuta pohon yang bertujuan untuk memulihkan lahan yang rusak, sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga  keseimbangan lingkungan.

Sebagai rangkaian acara selanjutnya pada tanggal 18 Oktober 2017 telah dilaksanakan penanaman sejuta pohon bersama TNI yang diikuti dari Pemerintah daerah Ciamis, Kodim Ciamis, Polres Ciamis, Kementerian LHK (Balai Besar KSDA Jabar, BPDAS Citanduy, BPLH Ciamis), BPHW IV Ciamis dan masyarakat Desa Mandalare. Acara penanaman yang dibuka oleh Bupati Ciamis ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI.  Sementara itu sebelum penanaman dilakukan acara seremonial pembukaan yang diawali laporan Ketua Forum Peduli Lahan Kritis dan Ketahanan Pangan dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Bupati Camis,Komandan Kodim Ciamis, BPDAS Citanduy dan dari Kementerian PUPR.

Acara Penanaman Sejuta Pohon Periode III Bersama TNI ini bertujuan untuk memulihkan lahan kritis di Desa Mandalare Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis yang merupakan Desa Penyangga dari Kawasan Konservasi Suaka Margasatwa Gunung Sawal. Akhirnya semoga kegiatan penananamn ini dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dan kelestarian kawasan sekitar Gunung Sawal.

Acara Saresehan dan penanaman pohon tersebut, menunjukkan kemanunggalan para pihak baik TNI, Polri, Pemda, Pemerintah pusat, LSM dan masyarakat di Kabupaten Ciamis dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Sumber: BBKSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

makmun herri rojiqien martadireja
Kami masih tunggu implentasi dukungan nyata dari pemerintah baik pusat maupun otonomi 1, 2 sebagai bukti kehadiran negara dalam penyelamatan gunung sawal dan konservasi di Kabupaten Ciamis