Honorer Balai TN. Aketajawe Lolobata Bantu Polhut Balai KSDA Ambon Gagalkan Penyelundupan Burung Paruh Bengkok

Minggu, 24 September 2017

Sofifi, 24 September 2017. Jumat (23/09), Kapal Motor (KM) Dorolonda yang bertolak dari pelabuhan Ahmad Yani Ternate menuju pelabuhan Yos Sudarso Ambon diketahui salah satu penumpangnya ternyata membawa burung paruh bengkok jenis Nuri Bayan. Pegawai honorer Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) yang naik Kapal Motor (KM) di dek 5 bagian belakang tersebut tanpa sengaja mendengar suara burung Nuri Bayan.

Karena memiliki rasa peduli yang besar terhadap keanekaragaman burung paruh bengkok di Maluku Utara serta latar belakang sebagai pegawai honorer pada kawasan konservasi, Zainudin pun mencari informasi terkait pemilik burung tersebut. Zainudin menyimpan informasi yang didapat sampai tiba di Ambon, karena bukan merupakan tupoksinya untuk melakukan tindakan pengamanan dan hanya sebagai penumpang biasa.
Informasi yang didapat adalah burung tersebut (Nuri Bayan/ Eclectus roratus) akan dibawa ke Makassar oleh pemiliknya.

Setibanya di Ambon, Zainudin yang sudah mengerti dan faham terkait tugas Polisi Kehutanan di kantornya Balai TNAL, segera menghubungi Polhut BKSDA Ambon yang sedang bertugas di pelabuhan laut Ambon. Akhirnya Nuri Bayan sebanyak 2 (dua) ekor tersebut berhasil diamankan oleh petugas Balai KSDA Ambon dan dibawa untuk diamankan ke pos pelabuhan laut Ambon.

Sumber : Zainudin Sangaji- Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini