Bunga Bangkai Mekar di Mothers Day 2022

Jumat, 23 Desember 2022

Petugas sedang mengukur tinggi bunga bangkai yang baru mekar

Sibolangit, 23 Desember 2022. Wanita biasanya identik dengan bunga atau kembang. Entah berhubungan atau tidak, Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) kembali mekar di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, bertepatan dengan momentum peringatan Hari Ibu (Mothers Day) 2022, Kamis 22 Desember 2022.

Terlepas dari itu, mekarnya bunga bangkai raksasa, atau yang dikenal juga dengan sebutan Suweg Raksasa, pun menjadi istimewa karena peristiwa ini untuk yang kedua kalinya terjadi disepanjang tahun 2022 di kawasan TWA Sibolangit. Uniknya lagi, bunga bangkai yang mekar pertama kali, masih juga terkait dengan wanita, yaitu momentum peringatan Hari Kartini 2022, karena mekarnya tepat pada tanggal 20 April 2022. Yang mekar pada tanggal 20 April 2022, tingginya mencapai 115 cm, sedangkan  yang mekar di tanggal 22 Desember 2022 tingginya mencapai 97 cm,  lebar 50 cm, dan tinggi tongkol (spadix) 87 cm.

Bunga bangkai adalah tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) yang merupakan endemik Pulau Sumatera dan dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar di dunia. Bunga raksasa yang mengeluarkan aroma bau busuk ini merupakan jenis tumbuhan yang dilindungi, berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Yang Dilindungi. 

Bunga bangkai saat mekar sempurna

Dengan mekarnya bunga bangkai ini diharapkan menjadi ikon kawasan TWA Sibolangit, sekaligus sebagai media promosi wisata alam  dan edukasi konservasi alam unggulan Sumatera Utara kedepannya, disamping  objek wisata alam lainnya.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. – PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini