Orangutan Tapanuli Sambangi Kebun Warga

Jumat, 25 November 2022 BBKSDA Sumatera Utara

Orangutan Tapanuli yang berada di kebun durian warga di Desa Bulu Mario

Bulu Mario, 24 November 2022.  Satu individu Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) kembali menyambangi kebun durian warga di Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Munculnya satwa liar ini pertama kali diinformasikan pemilik kebun, Riswan Aritonang, kepada petugas Balai besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok pada Selasa,  22 November 2022, sekitar pukul 13.00 Wib. Saat itu petugas dihadang oleh warga yang minta tolong untuk mengusir orangutan karena merusak pohon beserta dengan buah durian miliknya.

Kemunculan orangutan ini bukanlah yang pertama kali. Sebelumnya berturut-turut, satwa yang dikenal juga dengan sebutan mawas ini, telah dua kali muncul di sekitar lokasi dan telah beberapa kali pula dilakukan pengusiran baik oleh petugas Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok bersama dengan warga maupun bersama-sama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC).

Lokasi tempat  penampakan orangutan ini berada di kawasan areal peruntukan lainnya (APL) yaitu kebun masyarakat, di koridor penghubung batang toru dengan Cagar Alam (CA) Dolok Sibual buali, tepatnya di  pinggir jalan lintas marancar (koridor sitandiang bulumario).

Petugas bersama warga memantau dan mengusir orangutan

Orangutan dewasa yang diperkirakan berkelamin jantan ini, akhirnya berhasil diusir ke arah koridor sitandiang, dengan menggunakan kayu yang dipukul-pukul ke batang pohon dimana satwa liar ini hinggap atau bertengger. Petugas juga melakukan sosialisasi kepada warga agar tidak melakukan tindakan atau perbuatan yang dapat mengancam dan membahayakan kehidupan orangutan, karena satwa ini termasuk jenis yang dilindungi undang-undang, sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 .

Sumber : M. Nasir Siregar – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini