Koloni Beruk Resahkan Warga, Petugas Lakukan Penghalauan

Kamis, 29 September 2022 BBKSDA Sumatera Utara

Beruk berkeliaran di pemukiman warga

Batu Anam, 29 September 2022. Gerombolan beruk jenis Macaca nemestrina dan Macaca fasciularis meresahkan warga di lokasi perkebunan PT. Gunung Melayu Kebun Sentral di Desa Batu Anam, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan, sebagaimana laporan yang disampaikan pihak perkebunan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, pada Senin 26 September 2022.

Menindaklanjuti laporan tersebut petugas Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran menyambangi lokasi dan melakukan koordinasi dengan pihak perkebunan PT. Gunung Melayu Kebun Sentral. Dari keterangan yang disampaikan oleh humas perkebunan bahwa sekumpulan (koloni) beruk tersebut mulai meresahkan sekitar 3-5 tahun belakangan ini, dengan melakukan perusakan peralatan/perlengkapan yang ada di kantor dan juga menghampiri serta mengganggu perumahan karyawan.

Petugas melakukan pengecekan dan menemukan beberapa ekor beruk yang sedang berkeliaran di lokasi/areal perkantoran serta pemukiman karyawan perkebunan. Upaya yang dilakukan petugas, menghalau dan mengusir beruk-beruk tersebut dengan menggunakan jenduman (meriam paralon). Selain itu, sosialisasi juga dilakukan kepada pihak managemen maupun warga untuk tidak melukai serta membunuh satwa tersebut. Dihimbau agar warga tidak memberikan makanan apapun, dan juga melakukan pengawasan terhadap anak-anak yang sedang berada di rumah.

Usai penghalauan dan pengusiran, koloni beruk tidak lagi terlihat di lokasi. Sampai saat ini, petugas tetap memantau dan berkoordinasi dengan pihak perkebunan.

Sumber : Arief Hidayat, Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini