Terisolir, Orangutan Direscue Tim Gabungan

Selasa, 27 September 2022 BBKSDA Sumatera Utara

Tim medis melakukan pemeriksaan kondisi fisik orangutan

Sei Lepan, 26 September 2022. Manajemen perkebunan PT. PISS (Perkebunan Inti Sawit Subur) melaporkan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat tentang adanya Orangutan Sumatera (Pongo abelii) yang terisolir di areal perkebunan di Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, kabupaten Langkat, pada Jumat 23 September 2022.

Menindaklanjuti laporan tersebut dilakukan penanganan oleh Tim  gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) serta pihak perkebunan pada hari yang sama, Jumat (23/9). Tim menemukan 1 (satu) individu orangutan di areal perkebunan yang sebelumnya berupa hutan muda dan tengah dilakukan perluasan dan penanaman oleh pihak PT PISS  sehingga tutupan terfragmentasi dan orangutan terisolir di lokasi tersebut.

Orangutan saat akan ditranslokasi

Selanjutnya orangutan dievakuasi dengan  tembakan senjata bius dan dilakukan observasi fisik dengan hasil : orangutan berkelamin jantan, berusia sekitar 10 tahun, berat badan 45 kg, dalam kondisi sehat, serta tidak ada luka atau fraktur tulang. Melihat kondisi fisiknya yang sehat, Tim  kemudian melakukan translokasi pada hari itu juga ke hutan Restorasi Cinta Raja 3, Taman Nasional Gunung Leuser setelah sebelumnya ditagging dengan microchip.

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini