Kerap Menyambangi Simalem Resort, Petugas BBKSDA Sumut Evakuasi Siamang

Tim medis melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan siamang

Merek, 15 Agustus 2022. Bermula dari adanya laporan warga tentang keberadaan 1 (satu) individu satwa liar jenis Siamang (Symphalangus syndactylus) yang kerap kali menyambangi lokasi wisata Taman Simalem Resort (TSR) di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC) pada saat itu juga berkoordinasi dengan pihak pengelola lokasi wisata. Pihak pengelola merasa resah dengan kehadiran satwa liar ini, karena khawatir akan mengganggu tamu yang berkunjung ke lokasi tersebut serta merusak fasilitas. Belum lagi bila satwa ini nantinya tersengat (setrum) jaringan listrik yang ada di lokasi wisata.

Setelah mendapat penjelasan dari pihak pengelola, Tim kemudian melakukan pemantauan keberadaan Siamang, mulai dari tanggal 6 Agustus 2022 sampai tanggal 12 Agustus 2022, dan benar satwa berbulu (berambut) hitam ini kerap muncul. Lalu Tim melakukan evakuasi dengan menembak bius satwa tersebut. Dari hasil pemeriksaan Tim medis diketahui Siamang berjenis kelamin jantan, perkiraan umur sekitar 5 tahun, berat badan lebih kurang 8-9 kg, dengan kondisi fisik terlihat dalam keadaan sehat dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan atau luka maupun cacat pada tubuhnya.

Selanjutnya Siamang dievakuasi ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk mendapatkan perawatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya.

Sumber : Tuahman Raya Tarigan, S.Sos. – Kepala SKW I Sidikalang Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini