Bersih Pantai Cemara Asri TWA Pelaihari di Hari Konservasi

Batakan, 10 Agustus 2022 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) melalui Seksi Konservasi Wilayah 1 Pelaihari Menyelenggarakan kegiatan aksi bersih sampah di Taman Wisata Alam (TWA) Pelaihari, khususnya Pantai Cemara Asri Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian kegiatan Road to HKAN 2022 yang tahun ini akan diperingati di Taman Nasional Bali Barat, Gilimanuk Provinsi Bali pada tanggal 31 Agustus s/d 3 September 2022. Aksi bersih sampah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya masyarakat Desa Batakan tentang pentingnya kelestarian lingkungan dan fungsi kawasan konservasi.

Aksi bersih sampah di TWA Pelaihari melibatkan beberapa instansi lain dan kelompok masyarakat yaitu Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut; KHP Tanah Laut; DAOPS Manggala Agni Tanah Laut; Pemerintah Desa Batakan; Kelompok Tani Lestari Desa Batakan; Kelompok Jasa Penyebrangan Pulau Datuk Desa Tanjung Dewa; Kelompok Relawan Rumah Gerbaca Desa Batakan; dan Tim Media.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Bapak Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M. Sc., didampingi oleh Kepala SKW I Mirta Sari, S. Hut, MP, Kepala Resort TWA Pelaihari Alfian Soehara dan diikuti oleh seluruh peserta kegiatan. Pembersihan sampah dilakukan di areal pantai TWA Pelaihari, dengan cara memungut sampah ke dalam kantong sampah dan dikumpulkan pada mobil truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Laut.

Pada akhir kegiatan Kepala Balai mengapresiasi semua unsur pemerintahan kabupaten Tanah Laut dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini. Sinergitas pengelolaan TWA Pelaihari ini harus tetap dijalin. Mari tingkatkan pengelolaan TWA Pelaihari ini dengan cara kerjasama agar dapat memberikan manfaat bagi kita semua serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, tambahnya. Kebersihan lingkungan dan fasilitas akan menjadi tolak ukur kedatangan wisatawan di TWA Pelaihari. (ryn)

Sumber : Riyan Susilo Adji, S.Kom. - Tim Media Sosial BKSDA Kalimantan Selatan

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini