Kemunculan Beruang Dari Semak Belukar Belakang Rumah

Pekanbaru, 20 Mei 2022 - Resort Kerumutan Utara, Balai Besar KSDA Riau bersama anggota Manggala Agni Daops Rengat melakukan mitigasi konflik satwa beruang madu di Kel. Bunut, Kec. Bunut, Kab. Pelalawan, Selasa (17/5).

Lokasi kemunculan beruang madu berada di sekitar salah satu rumah warga a.n Syafrizal. Berdasarkan keterangan Syafrizal, beruang muncul pada Sabtu (14/5) pkl. 20.00 WIB dan memakan ayam di kandang kolong rumahnya. Pada malam berikutnya, beruang kembali datang ke kandang milik Syafrizal sehingga beliau memindahkan ayam ayamnya ke dalam rumah.

Berdasarkan informasi warga, mereka juga sering melihat kemunculan satwa beruang tersebut di daerahnya. Dari hasil pemantauan di sekitar lokasi, diduga beruang muncul dari belakang rumah Syafrizal karena kondisi di sekitar daerah tersebut merupakan semak belukar dengan luas kurang lebih 4 hektar sehingga menjadi areal jelajah beruang dalam mencari makanannya.

Tim menyarankan kepada Syafrizal agar membersihkan semak yang ada di sekitar areal rumahnya dan menambah penerangan di kandang ayamnya agar beruang tidak lagi datang. Sosialisasi juga disampaikan kepada warga agar tidak melakukan tindakan anarkis terhadap beruang tersebut karena termasuk satwa yang dilindungi. Selain itu, Tim menghimbau untuk selalu berkoordinasi dengan pihak  Balai Besar KSDA Riau apabila melihat perjumpaan satwa beruang kembali untuk dilakukan penanganan secara bersama.

[Teks : DI, Foto : Humas BBKSDARIAU | 052022]

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini