Kembalinya "Dua Sejoli Owa Ungko" ke Rimba Raya

Kamis, 19 Mei 2022

Pekanbaru, 18 Mei 2022. Sepasang Owa Ungko (Hylobates agilis) yang lebih dikenal dengan sebutan Wau Wau, pada Rabu, 18 Mei 2022 dilepasliarkan di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim di Kota Pekanbaru. Pelepasliaran dilakukan secara langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bapak Dr. Alue Dohong. Setelah pelepasliaran, Balai Bear KSDA Riau bersama pihak KPKP Tahura Minas akan bersama melakukan pemantauan terhadap sepasang Owa Ungko ini.

Sepasang Owa Ungko ini merupakan penyerahan secara sukarela masyarakat di Kota Dumai dan Kota Pekanbaru yang sudah beberapa tahun dipeliharanya kepada Balai Besar KSDA Riau. Owa Ungko berjenis kelamin jantan berusia sekitar 10 tahun dan yang berjenis kelamin betina berusia kurang lebih 8 tahun.  Pemeriksaan juga telah dilakukan degan habituasi di kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau selama sekitar 1 tahun dan telah menunjukkan kembali sifat keliarannya sehingga layak untuk dilakukan pelepasliaran.

Owa Ungko merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi negara sesuai dengan Undang-undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Organisasi konservasi dunia, IUCN memasukkan spesies owa ini ke dalam kategori endangered (EN), Selain itu, kedua owa ini termasuk ke dalam apendiks 1, yang artinya tidak boleh diperdagangkan secara internasional.  Adapun sifat dari satwa ini adalah satwa arboreal (bergelantung), pemakan buah dan daun, memiliki suara/bunyi yang khas. Owa Ungko hidup secara umum pada type hutan primer dan sekunder dengan pepohonan yang tinggi.

Hadir juga dalam acara pelepasliaran ini Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau serta perwakilan dari Badan Restorasi Gambut dan Mangrove.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau 

Nara Sumber : Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara

Penanggungjawab :  Humas Balai Besar KSDA Riau

Alamat kantor : Jl. HR Soebrantas Km 8,5 Pekanbaru
Call Centre : 0813747442981
Website : www.bbksda-riau.id
Twiter : @BBKSDARIAU
Facebooks: Bbksda Riau
Instagram : @bbksda_riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini