Balai Besar KSDA Sumatera Utara Kembali Evakuasi Monyet Ekor Panjang Peliharaan Warga

Petugas mengevakuasi Monyet ekor panjang dari rumah Suti Herlina Nasution

Deli Tua, 18 Januari 2022. Untuk kedua kalinya, dalam waktu hanya 4 hari, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan evakuasi Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) dari rumah warga. Jika sebelumnya pada Kamis (13/1) mengevakuasi sepasang monyet ekor panjang dari rumah warga jln. Polonia Gg. A/Masjid Lk. I Kelurahan Polonia, Kecamatan Medan Polonia, maka kali ini kembali mengevakuasi 1 individu milik Suti Herlina Nasution, warga Lk V Jln. Deli Tua No. 07, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, pada Senin 17 Januari 2022.

Proses evakuasi ini bermula dari laporan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Deli Serdang tepatnya pos Damkar Deli Tua kepada Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Amenson Girsang, S.P. tentang adanya warga yang memelihara satwa tersebut selama 7 tahun dan membuat keresahan masyarakat sekitar, karena sempat lepas dari kandang dan mencakar/melukai warga.

Setelah mendapat laporan, Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama lembaga mitra Yayasan Scorpion Indonesia serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Deli Serdang menuju lokasi dan melakukan evakuasi. Usai memindahkan satwa tersebut ke kandang transit, Monyet ekor panjang selanjutnya dititipkan di Yayasan Scorpion Indonesia, untuk direhabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitatnya.

Monyet ekor panjang yang dievakuasi petugas

Balai Besar KSDA Sumatera Utara kembali menghimbau warga untuk tidak memelihara monyet ekor panjang. Memang saat masih kecil (imut-imut) satwa ini menyenangkan untuk dipelihara sebagai hiburan, namun ketika sudah beranjak dewasa, satwa ini cenderung memunculkan sifat liar dan ganas, sehingga lebih sering mencederai/melukai siapa saja termasuk pemiliknya. Oleh karena itu dihimbau agar masyarakat tidak memelihara satwa liar ini.

Sumber : Ani, SP. – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini