Warga Desa Tapak Kuda Serahkan Tuntong Laut Kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Tapak Kuda, 17 Januari 2022. Untuk kesekian kalinya kesadaran dan kepedulian warga dengan menyerahkan satwa liar kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Kali ini Syafi'i, warga Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat yang menyerahkan 1 individu Tuntong Laut (Batagur borneoensis), pada Sabtu 15 Januari 2022.

Sebelumnya Syafi'i, yang merupakan anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) Tumbuh Subur mitra konservasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara, menginformasikan kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat pada Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, pada Jumat 14 Januari 2022, terkait Tuntong laut yang berada di kediamannya. Satwa tersebut terjerat jaring nelayan saat melaut. Mengetahui Tuntong laut jenis satwa dilindungi, nelayan dimaksud kemudian menyerahkannya kepada Syafi'i. Lalu Syafi'i berinisiatif untuk menyerahkan kepada petugas Seksi Konservasi Wilayah II Stabat.

Safii menyerahkan Tuntong Laut kepada petugas

Selanjutnya petugas Resort Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading dan Langkat Timur Laut bersama dengan Yayasan Satucita Lestari Indonesia menyambangi kediaman Syafi'i dan melakukan evakuasi Tuntong laut berkelamin jantan, dengan berat badan 6,3 kg, panjang karapas 37,5 cm dan lebar karapas 34 cm, ke kolam pembesaran di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, untuk direhabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitatnya.

Sumber : Ainy Amelya, S.Hut. – Penyuluh Kehutanan dan Esra Barus, S.Hut. - Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini