Focus Group Discussion Masyarakat Desa Penyangga Cagar Alam Gunung Celering

Selasa, 25 Juli 2017

Semarang, 25 Juli 2017. Dalam proses penyusunan pemberdayaan masyarakat Desa Penyangga Cagar Alam Gunung Celering, Balai KSDA Jawa Tengah sedang menyelenggarakan konsultasi antar pihak dan Focus Group Discussion (FGD). Saat ini BKSDA Jawa Tengah sedang menyusun masterplan rencana pembinaan desa binaan yang nantinya digunakan sebagai dokumen acuan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Seperti sebelumnya telah disampaikan Kepala Balai BKSDA Jawa Tengah, Ir.Suharman, MM pada kegiatan sosialisasi masterplan  pemberdayaan masyarakat di Desa Kebongede bulan Juni 2017 yg lalu, menyatakan bahwa saat ini Balai KSDA Jawa Tengah concern melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di 3 desa, yaitu Desa Kebongede Kabupaten Pemalang (sudah menyusun masterplan), Desa Blingo Kabupaten Jepara (saat ini sedang diadakan FGD) dan Desa Karangbenda Kabupaten Cilacap.

Konsultasi para pihak dan FGD ini bertujuan untuk menyusun rencana program pembinaan daerah penyangga selama 5 tahun (2017-2021). Sebelumnya tim telah menyusun profil desa penyangga melalui identifikasi sosial ekonomi dan potensi desa dan pembentukan kelompok tani. Dengan FGD ini diharapkan tim mendapatkan kesepakatan terkait penyusunan rencana kegiatan pemberdayaan masyarakat berdasarkan profil/potensi desa dan kebutuhan masyarakat setempat.

FGD ini dihadiri sebanyak 30 orang yang terdiri dari Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Daerah/SKPD, Perhutani, tokoh masyarakat dan Kelompok Tani Hutan (KTH). Ada beberapa masukan, klarifikasi dan saran terkait kegiatan tersebut baik dari masyarakat maupun SKPD yang terlibat dalam pendampingan di Desa Blingoh sebagai desa penyangga Cagar Alam Gunung Celering. Masukan ini sangat penting karena menjadi input untuk melakukan pendalaman kembali mengenai draft masterplan yang telah disusun sebagai tahap awal dalam rangka kegiatan pemberdayaan masyarakat di Daerah Penyangga Cagar Alam Gunung Celering Desa Blingoh Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara.

Kegiatan serupa ini selanjutanya akan dilaksanakan di Desa Karangbenda Kabupaten Cilacap yg merupakan desa penyangga TWA Gunung Selok pada akhir bulan Juli ini.

Sumber Info : Ikwan Prianto, S.Hut - Penyuluh Kehutanan Muda BKSDA Jawa Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini