Balai KSDA Yogyakarta Respon Positif Penyerahan Elang Alap Tikus dari Masyarakat

Senin, 18 Oktober 2021

Yogyakarta 16 Oktober 2021.  Balai KSDA Yogyakarta kembali menerima penyerahan satwa dilindungi jenis elang alap tikus  (Elanus caeruleus) sebanyak 2 ekor. Satwa berasal dari warga Berbah, Sleman, DIY, Kamis (14/10/21). Saat dimintai keterangan oleh petugas Balai KSDA Yogyakarta, pemilik satwa menjelaskan bahwa satwa tersebut merupakan pemberian temannya yang menduga satwa tersebut sebagai  anakan Serak Jawa (Tito alba). Setelah satwa dipelihara selama 4 bulan kemudian pemilik satwa mendapat informasi dari tetangga yang menyebutkan jenis yang dipelihara bukanlah serak jawa melainkan satwa dilindungi jenis anakan elang tikus. Mendengar informasi tersebut, pemilik satwa selanjutnya menghubungi Call Center Balai KSDA Yogyakarta untuk menyerahkan secara sukarela satwa dilindungi yang dimilikinya.

Menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait penyerahan satwa dilindungi, tim Quick Response Balai KSDA Yogyakarta terdiri dari Polisi Kehutanan dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai KSDA Yogyakarta segera meluncur ke Berbah, Sleman untuk melakukan identifikasi satwa dan pengumpulan informasi dan keterangan pendukung. Dari hasil indentifikasi dipastikan satwa yang dilaporkan adalah jenis elang tikus sebanyak dua ekor.

Setelah kelengkapan bukti administrasi Berita Acara Penyerahan selesai dilakukan, satwa serahan masyarakat tersebut selanjutnya dibawa ke Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. Hal tersebut sesuai dengan arahan Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi terkait teknis penyelamatan satwa sitaan maupun serahan dari masyarakat. “Saya sudah berikan arahan kepada personil pelaksana di lapangan agar satwa-satwa yang diperoleh dari hasil sitaan saat operasi penertiban kepemilikan satwa maupun satwa hasil penyerahan masyarakat dapat ditindaklanjuti upaya perawatan dan penyelamatan satwa nya sesegera mungkin. Setelah kelengkapan adminstrasi selesai dibuat, satwa-satwa tersebut segera dibawa ke pusat penyelamatan satwa di SFF Bunder untuk dilakukan pengecekan kesehatan dan tindakan lebih lanjut. Elang tikus ini akan menjalani serangkaian rehabilitasi untuk mengembalikan sifat liarnya sebelum dilepasliarkan.” kata M. Wahyudi.

Lebih lanjut  M. Wahyudi mengapresiasi masyarakat yang telah memiliki kesadaran untuk menyerahkan satwa dilindungi undang-undang tersebut. “Kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa dilindungi kepada negara ini merupakan langkah positif yang pantas untuk diapresiasi. Kedepan semoga kesadaran masyarakat semakin tumbuh lagi untuk tidak memelihara jenis satwa dilindungi dan membiarkannya hidup di alam. Karena menyayangi satwa bukan berarti dengan memelihara dan mengurungnya. Justru dengan membiarkannya hidup di alam dan berkembang biak dengan baik adalah salah satu upaya untuk tetap menjaga satwa tersebut terus lestari.” tutupnya.

Sumber                    : Y. Andie Chandara - PEH Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab : Kepala Balai KSDA Yogyakarta-Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi      : Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini