Ketua DPRD Bolaang Mongondow Dukung Pemulihan Ekosistem Kolaboratif TNBNW Dengan Menanam

Rabu, 16 Juni 2021

Uuwan, 15 Juni 2021. Berlokasi di perkebunan Umbungan, Desa Uuwan, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kepala Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) dan Ketua DPRD Bolaang Mongondow melakukan penanaman bersama sebagai upaya Pemulihan Ekosistem Kolaboratif (PEK) masyarakat. Jenis bibit tanaman yang ditanam adalah nantu (Palaqium sp.) 60 bibit, cempaka (Elmerrillia ovalis) 60 bibit, kemiri (Aleurites moluccana) 100 bibit dan pala (Myristica fragrans) 100 bibit. Perkebunan Umbungan adalah salah satu lokasi perkebunan masyarakat yang berada dalam kawasan TNBNW, wilayah Resort Dumoga Barat, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) 2 Doloduo. Selain bertujuan memulihkan ekosistem kawasan TNBNW yang terlanjur digarap masyarakat, kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan menuju Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021 Agustus mendatang dan juga merupakan tindak lanjut hasil koordinasi antara pihak Balai TNBNW dan pihak DPRD Bolaang Mongondow bulan April lalu. 

Sebagai bentuk dukungan terhadap program PEK TNBNW bersama masyarakat, pihak DPRD Bolaang Mongondow akan mendorong SKPD terkait untuk bisa menyediakan bibit tanaman ekonomi berupa kemiri dan pala sekitar 200.000 bibit. Mendorong pengembangan usaha ekonomi alternatif kelompok masyarakat yang sudah dirintis dan difasilitasi BTNBNW melalui peningkatan pasar dan peningkatan kapasitas masyarakat. 

Ketua DPRD menyampaikan “Dalam rangka melestarikan hutan dan menjaga lingkungan, saya mengajak seluruh masyarakat untuk sama sama menanam kembali lahan-lahan TNBNW yang terlanjur dimanfaatkan dengan tanaman kayu dan ekonomi.”  Hal ini juga dikuatkan  oleh Camat Dumoga Barat yang menyampaikan bahwa "Pihak Kecamatan Dumoga Barat merasa terpanggil atas kondisi hutan yang sudah memprihatinkan sehingga perlu adanya penanaman kembali lahan lahan yang terlanjur digarap masyarakat dengan tanaman yang bernilai ekonomi bagi masyarakat".

“Pelaksanaan PEK masyarakat pada lahan keterlanjuran bersama Ketua DPRD , Camat Dumoga Barat, Kepala Desa Uuwan dan mitra ini mudah mudahan menjadi awal komitmen bersama antara BTNBNW dan Pemda Bolmong untuk memulihkan kondisi lahan keterlanjuran TNBNW,  saya berharap kegiatan ini akan diikuti oleh masyarakat lain yang terlanjur memanfaatkan lahan TNBNW” tambah Ketua DPRD.

Kepala Balai juga menyerahkan 1 buah bibit tanaman eboni/ kayu hitam Sulawesi (Diospyros celebica) kepada Ketua DPRD Bolaang Mongondow dan langsung melakukan penanaman bersama sebagai simbol pelestarian kayu langka Sulawesi.

Lokasi pelaksanaan penanaman bersama pada salah satu lahan masyarakat Desa Uuwan oleh Ketua DPRD Bolaang Mongondow akan menjadi contoh kegiatan PEK masyarakat di wilayah Kecamatan Dumoga Barat. Ekosistem terpulihkan dan masyarakat bisa memperoleh nilai ekonomi dari tanaman yang ditanam. Saling percaya, saling menghargai dan saling menguntungkan adalah landasan pelaksanaan PEK bersama masyarakat di Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Sebagai informasi, turut hadir Camat Dumoga Barat, Kepala SPTN Wil. 2 Doloduo, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Desa Uuwan, Resort Dumoga Barat, Staf BTNBNW, Perempuan Inspiratif Mitra Polhut (PIMP) SPTN 2 Doloduo dan beberapa masyarakat Desa Uuwan.

Sumber : Aris Setyawan - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini