Komisi II DPRD Halmahera Timur Bahas Peningkatan PAD Sektor Ekowisata TN Aketajawe Lolobata

Kamis, 25 Februari 2021

Sofifi 24 Februari 2021. Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) mendapat kunjungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Halmahera Timur. Kunjungan dipimpin oleh Ketua Komisi II Mursid Amalan serta didampingi tiga anggota dewan lainnya, yaitu Basir H Taher, Bahmit Djafar dan Aminudin untuk melakukan fungsi pengawasan di bidang pendapatan daerah baik bagi dari hasil Pendapatan Nasional Bukan Pajak (PNBP) maupun peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata. Tutut Heri Wibowo, selaku Kepala Balai TNAL bersama Ramadhan R, SP selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan beberapa staf TNAL menyambut hangat kunjungan tersebut di Gedung Pusat Informasi Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata. 

Ikhlas Pambudi, Penyuluh Kehutanan BTNAL menyampaikan tata usaha PNBP di kawasan konservasi TNAL. Ikhlas menyebutkan bahwa luas kawasan TNAL sebesar 6.65% dari luas kawasan hutan di Provinsi Maluku Utara dengan berbagai potensi yang dapat dikembangkan. Potensi ekowisata yang dikelola TNAL menyumbang pemasukan negara karena terdapat pungutan jasa kegiatan wisata alam yang menggunakan fasilitas negara.

Kepala Balai TNAL menambahkan bahwa TNAL memiliki potensi burung endemik Maluku Utara, yaitu bidadari halmahera Semioptera walacii dan atraksi kehidupan masyarakat adat suku togutil yang merupakan ikon dari Provinsi Maluku Utara dan hanya bisa dijumpai jika berkunjung ke Halmahera. Jika potensi ini dikembangkan dengan baik, maka dapat menjadi pemasukan negara yang menjanjikan seperti taman nasional lain yang ada di Indonesia.

“TNAL merupakan satu satunya kawasan konservasi di Halmahera dan merupakan aset jika dikelola dengan baik". “Pemerintah daerah khususnya Halmahera Timur dapat berkolaborasi dengan TNAL dalam membangun atau mengembangkan potensi ekowisata di bumi Halmahera dan saya harap bisa bersilaturahmi secara langsung dengan Bupati Halmahera Timur.” ujar Heri.

Ketua komisi II DPRD Halmahera Timur menyambut baik harapan pihak Balai TNAL. Beliau menyampaikan di Halmahera Timur sudah memilki BUMD yang siap mendukung pengelolaan dalam menghidupkan ekowisata di Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan bersedia menjadi fasilitator silaturahmi antara TNAL dengan Bupati Halmahera Timur. Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan buku Jelajah Rimba Halmahera Biodiversity of Halmahera Taman Nasional Aketajawe Lolobata dari Kepala Balai TNAL untuk Komisi II DPRD Halmahera Timur dan foto bersama.

 

Sumber : Rosalina Alvionita - Penyuluh Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini